Mulai Melatih Anak Belajar Ganti Baju Sendiri, Yuk Bunda!

Siapa sih yang tak ingin anaknya bisa hidup secara mandiri? Tentu, semua orang tua menginginkannya. Namun, perlu bunda ketahui, kemandirian anak itu tidak datang dengan sendirinya. Semuanya bisa terwujud karena mereka telah berlatih mandiri sejak kecil.

Dalam melatih kemandirian anak tersebut, peran orang tua sangat penting. Apalagi, tak jarang orang tua yang terlalu memanjakan anak dan membantu kegiatan apapun yang tengah dilakukan si kecil. Hasilnya tentu berseberangan. Anak akan terus bergantung kepada orang tua.

anak buka baju sendiri

Oleh karena itu, mau tidak mau, suka tidak suka, bunda harus mencoba untuk membiasakan anak mandiri. Salah satu cara paling mudahnya adalah dengan memberlakukan kebiasaan anak untuk melepas baju sendiri. Untuk melakukan hal ini, si kecil juga perlu latihan secara bertahap.

Bagaimana cara melatih anak agar mau ganti baju sendiri? Berikut ini adalah tahapannya:

1. Dimulai dengan membiasakan melepas kaus

Tahap pertama yang bisa bunda ajarkan kepada anak adalah dengan mengajak mereka untuk membuka kaus sendiri. Kenapa kok memulai dengan buka kaus? Alasannya, karena dibandingkan dengan jenis baju lain, kaus relatif lebih mudah.

Anak tinggal menarik kaus ke atas lalu secara perlahan membuatnya melewati kepala dan tangan. Ingatkan anak untuk melakukan kegiatan buka kaus ini dengan perlahan. Kalau tidak, aktivitas yang sejatinya sangat sederhana akan bisa menyulitkan.

2. Melepas dan memakai celana

Setelah anak terbiasa membuka kaus sendiri, bunda bisa mengajak mereka ke tahap berikutnya, yakni membuka dan memakai celana. Biar mudah, pilih celana yang menggunakan karet, bukan ritleting. Setelah mereka terbiasa, baru bunda bisa menggantinya dengan celana yang ada ritsletingnya.

3. Mengancingkan baju

Nah, tahap ketiga sudah mulai cukup sulit. Pada tahap ini, bunda perlu mengajarkan pentingnya bersabar kepada si kecil. Temani ketika anak tengah mencoba untuk membuka kancing bajunya. Bantu mereka dengan memberi instruksi. Ingat, jangan membantu mereka secara langsung.

4. Menutup ritsleting jaket

Pada tahap terakhir, bunda bisa mengajarkan cara untuk menutup ritsleting jaket. Dibandingkan dengan mengancingkan baju, menutup ritsleting jaket sejatinya merupakan aktivitas yang tidak terlalu menyulitkan. Kalaupun ada kesulitan, itu hanya berlangsung pada awalnya. Setelah tahap awal berhasil dilakukan, anak akan bisa menutup jaketnya dengan mudah.

Selamat mencoba, ya bunda.