Mengenal Nasi Kuning Dari Berbagai Negara

Siapa yang tidak tahu nasi kuning? Makanan berbahan dasar beras ini kerap diburu terutama ketika jam sarapan tiba. Nasi kuning juga termasuk makanan spesial yang sering disajikan dalam acara-acara istimewa dalam bentuk tumpeng lengkap dengan lauknya. Namun jika Anda berpendapat bahwa nasi kuning hanya ada di Indonesia, maka Anda keliru. Faktanya banyak negara lain yang juga memiliki nasi dengan rasa gurih ini. Nasi kuning ternyata bisa kita jumpai di Spanyol, Afganistan, Meksiko, Malaysia dan Kuba. Wah seperti apa rupa nasi kuning di negara-negara tersebut ya?

Arroz Amarillo dari Puerto Rico

arroz amarillo-nasi kuning puerto rico

Nasi kuning Puerto Rico dikenal dengan nama Arroz Amarillo. Warna kuning dari Arroz Amarillo bukan didapat dari bumbu kunyit seperti nasi kuning Indonesia, namun memang sudah berwarna kuning saat masih berbentuk beras. Biasanya nasi kuning Puerto Rico disajikan dengan kacang polong, ayam, kerang dan buncis.

Arroz Cubano dari Kuba

arroz cubano-nasi kuning kuba

Nasi kuning Kuba berbeda dengan dengan nasi kuning Puerto Rico, Meksiko, ini tidak pedas. Arroz Cubano dimasak dengan bumbu khusus bernama Sofrito. Sofrito adalah saus yang terbuat dari campuran bawang dan rempah lain yang dimasak dengan minyak zaitun. Biasanya nasi kuning Kuba disajikan dengan lauk seperti daging sapi dan kacang merah.

Qabili Palau dari Afganistan

qabili palau-nasi kuning afganistan

Qabili Palau merupakan hidangan nasional Afganistan, nasinya berasal dari nasi putih biasa lalu dicampur bumbu sehingga berwarna kekuningan, kemudian dimasak dengan parutan wortel, kismis, daging domba dan daging ayam. Wortel dan kismis membuat rasanya rasa nasi kuning Afganistan jadi agak manis.

Paella dari Spanyol

paella-nasi kuning spanyol

Spanyol ternyata memiliki makanan khas nasional berbentuk nasi kuning yang dikenal dengan nama Paella. Ada beberapa jenis paella, diantaranya Paella valensia, vegetarian paella, seafood paella, dan mixed paella atau kombinasi. Paella bisanya dimasak diatas tungku dan disajikan dengan daging ayam, daging kelinci, seafood, kacang hijau, kunyit dan rosemary.

Nasi Kunyit dari Malaysia

nasi kunyit-nasi kuning malaysia
Nasi kuning merupakan bagian dari nasi lemak yang menjadi makanan khas Malaysia. Nasi ini melambangkan kemakmuran. Nasi kunyit disajikan dengan kari ayam Malaysia yang menjadi makanan andalan negara tersebut.

Disunting dari : Intisari

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE