Ngeri, Kaos Ini Bisa Tampilkan Anatomi Tubuh Pemakainya

virtual teeBagaimana rasanya jika Anda bisa melihat organ dalam Anda sendiri? Ngeri namun unik, ya! Sebuah produk yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi Mobile VR (Virtual Reality atau dikenal juga dengan nama Augmented Reality)ini menghasilkan karya yang sangat unik. Sebuah kasih polos dengan gambar cetakan kdoe khusus di bagian depan seperti susunan barcode ini bisa dipindai melalui aplikasi smartphone untuk menampilkan Augmented Reality berupa anatomi tubuh manusia.

Setelah inovasi Google Cardboard booming, banyak inovasi teknologi yang dikembangkan untuk memanfaatkan teknologi Mobile VR (Virtual Reality atau dikenal juga dengan nama Augmented Reality), seperti halnya kaos ini. Kaos yang dinamakan Virtuali-Tee ini terpajang di dalam wadah komunitas Kickstarter.

Produk ini pada dasarnya hanyalah sebuah kaos biasa yang disablon dengan gambar kode tertentu pada bagian depan kaos yang berfungsi sebagai pengenal yang akan dibaca oleh aplikasi smartphone saat kita arahkan kepadanya. Saat kamera smartphone diarahkan kepada kaos yang sedang dipakai, secara otomatis smartphone akan menampilkan anatomi tubuh manusia pada layar, seperti halnya sebuah X-ray yang bisa melihat organ tubuh kita mulai dari lambung, jantung, paru-paru, usus, dan bagian tubuh lainnya. Hanya saja, untuk bisa melihatnya, Anda tidak bisa melakukannya sendiri, harus ada orang lain yang membidikkan kamera ke kaos yang sedang Anda pakai.

Mode yang ditampilkan sangat intuitif dan menarik, tampilan animasi 3D nya juga sangat berbeda dan edukatif. Ke depannya, akan ada banyak opsi yang ditawarkan pihak developer, seperti ditampilkannya sistem sirkulasi darah dalam tubuh atau sistem dalam kandung kemih. Dengan begitu, semakin dekatnya jarak antara kamera smartphone ke pengguna kaos, maka detail anatomi organ termasuk animasi sistem sirkulasi darahnya juga semakin diperjelas.

Kaos ini ditawarakan dengan harga 18 poundsterling atau setara dengan harga 300 ribu rupiah dan siap diproduksi saat target penggalangan dana terpenuhi, yaitu sebesar 70 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,3 miliar. Waktu pengiriman akan direncanakan pada bulan Agustus 2016. Saat ini dukungan dana yang masuk masih sebesar 7000 poundsterling dan menyisakan waktu 29 hari lagi. Jika Anda berminat, Anda bisa ikut berpartisipasi untuk terealisasinya produk kaos Virtuali-Tee ini di laman Kickstarter.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE