Nikmatnya Menyantap Empal Gentong, Kuliner Khas Cirebon

empal gentong, resep makanan, masakan nusantara, resep masakan indonesia, masakan, menu masakan, masakan indonesiaHmmm, apakah Anda pernah menyicipi jenis kuliner yang satu ini? Kental dan gurihnya kuah dari santan Empal Gentong memang begitu menggoda lidah untuk dicicipi. Jadi jangan lupa, jika Anda melewati kota Cirebon, mampirlah sebentar ke kedai-kedai yang menyajikan sajian khas kuliner yang satu ini. Empal Gentong merupakan makanan khas masyarakat daerah Cirebon, Jawa Barat. Mungkin Anda familiar dengan Gulai (Gule), nah Empal Gentong ini hampir mirip dengan gulai, hanya saja Empal Gentong dimasak menggunakan kayu bakar dari pohon mangga dan di masak di dalam periuk yang terbuat dri tanah liat. Itulah mengapa dinamakan sebagai Empal Gentong.

Nama Empal Gentong memang sesuai dengan bahan utama racikan hidangannya yang berkuah, namanya menunjukkan bahan utamanya yaitu menggunakan daging sapi dengan sedikit lemak. Empal Gentong biasanya disajikan bersama nasi atau lontong, lontong khas Cirebon hanya terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam daun pisang dan dibentuk silinder lalu direbus selama 4 jam. Sedangkan Empal Gentongnya sendiri paling singkat dimasak selama lima jam dalam gentong atau kuali dengan bahan bakar khusus. Hal tersebut berfungsi untuk menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging yang sempurna.

Cara memasak dengan periuk tanah liat, konon memang sudah dilakukan secara turun temurun, periuk yang sudah dipakai selama bertahun-tahun memberikan sentuhan sendiri terhadap rasa sedap pada kuahnya, tentu saja karena kerak bumbunya yang mengendap dipori-pori tanah liat. Empal Gentong juga biasanya disajikan dengan daun kucai dan sambal dari cabai kering yang digiling. Pada saat disajikan api harus tetap membara untuk menjaga suhu makan standar, paduan daun kucai sebagai penyedap sekaligus penetralisir lemak serta sambal dan kerupuk rambak (kerupuk kulit kerbau) membuat Empal Gentong memiliki cita rasa yang khas.

Jika Anda belum pernah mencoba jenis kuliner yang satu ini, kini Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Cirebon. Anda sudah bisa menemukannya di daerah Bandung dan Jakarta, mungkin di kota-kota lain juga bisa Anda temukan. Namun tentu saja, makanan yang dibuat di kota asalnya akan terasa berbeda dan memiliki khasnya tersendiri jika dibanding yang lainnya. Salah satu pedagang Empal Gentong yang paling terkenal di daerah Cirebon adalah Empal Gentong Mang Darma yang berada di Jl. Slamer Riyadi, beliau sudah berjualan secara berkeliling sejak tahun 1948 di Kota Cirebon.

Empal Gentong Mang Darma juga bisa ditemukan di tempat lainnya seperti di Pujagalana, Stasiun Kereta Cirebon atau Grage Mall yang semuanya dikelola oleh anak-anak Mang Darma. Di Jakarta, Empal Gentong Mang Darma bisa ditemukan di daerah Bintaro, sedangkan untuk di daerah Bandung sendiri Anda bisa menemukannya di Jl. Sadakeling Raya no. 11 Burangrang Bandung. Selain di sana, Anda juga bisa menemukannya di Jl Surapati, antara Hotel Yehezkiel dengan Hotel Augusta dan di Warung Empal Gentong Mang Iyan di Jl. Purnawarman No. 13-15 Bandung. Selamat berburu Empal Gentong!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE