Orang Tua Wajib Tahu Nih, 7 Penyebab Kenakalan Anak

Sebenarnya, menjadi nakal bukan pilihan anak-anak Anda, namun banyak faktor di sekitarnya yang menyebabkan perilaku seperti itu dapat terjadi pada anak Anda. Faktor lingkungan menjadi faktor utama.

penyebab anak nakal

Tak hanya faktor lingkungan saja, faktor lainnya juga mempengaruhi kenakalan anak. Misalnya saja, kenakalan tersebut memang disebabkan pola pikiran anak itu sendiri. Namun, hal itu sangat kecil kemungkinannya karena sebenarnya karakter dapat dibentuk melalui didikan orang tua di rumah. Berikut faktor lain penyebab kenakalan anak:

1. Terbiasa Dimanja Orang Tua

Anak-anak yang terbiasa di manja akan merasa semua hal yang diinginkannya merupakan hal yang wajib dipenuhi. Kebiasaan ini yang akan membuat anak menjadi bertindak sesuka hati dan dapat menunjukkan sikap nakalnya.

2. Keluarga Tidak Harmonis

Ketidakharmonisan lingkungan keluarga dapat menjadi pemicu anak untuk melampiaskan semua emosinya pada dunia luar dengan kenakalan-kenakalannya.

3. Kurangnya Kasih Sayang

Ketika lingkungan keluarga tidak harmonis atau orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya membuat anak merasa tidak diperhatikan. Sehingga ia kerap berbuat kenakalan agar diperhatikan.

4. Pendidikan Yang Terlalu Keras

Banyak orang tua yang bertindak keras kepada anak terhadap pendidikannya. Hal ini diharapkan anak dapat tumbuh seperti harapan orang tua. Padahal pola pendidikan yang terlalu keras dapat berakibat anak memberontak dan berbuat kenakalan di luar rumah.

5. Komunikasi Yang Buruk

Ketika komunikasi anak dengan orang tua memburuk, tentu akan membuat sulit terbuka dengan berbagai masalah pada anak yang nyatanya membutuhkan pendamping. Dan anak mungkin akan stres dengan permasalahannya dan melampiaskannya dengan kenakalan.

6. Lingkungan Pergaulan Yang Salah

Selain lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan juga menjadi faktor utama penyebab kenakalan. Jika ia memiliki teman yang bandel, besar kemungkinan ia akan meniru apa yang dilakukan temannya tersebut.

7. Kondisi Sekolah

Sekolah yang baik tentunya akan menjamin masa depan anak Anda, mulai dari guru hingga ruang lingkup sekolah akan mempengaruhi anak-anak Anda. Sehingga jika kondisi sekolah tidak baik, dapat berpengaruh pada perkembangan psikis mereka.

Dengan memperhatikan penyebab kenakalan anak tersebut, paling tidak bisa meminimalkan risiko anak semakin bandel. Apalagi, mendidik anak sehingga jadi pribadi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara merupakan tugas berat bagi para orang tua.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE