Penting! Ketahui Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin untuk Anak

Vital amine atau vitamin yang merupakan sekelompok senyawa organic berbobot molekul kecil memang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Peran vital vitamin dalam metabolisme si kecil sangat dibutuhkan, sebab vitamin tidak bisa dihasilkan oleh tubuh manusia. Tetapi bila berlebihan justru memberi dampak membahayakan bagi si kecil.

terlalu banyak konsumsi vitamin anak

Mungkin bila si kecil memakan beberapa makanan dalam satu waktu , mengandung terlalu banyak vitamin dan mineral yang melebihi kadar yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Bahkan, mengutip dari website liputan6, ada sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Environmental Working Group (EWG), vitamin dan mineral yang terlalu banyak bisa jadi berbahaya daripada bermanfaat bagi tubuh si kecil.

Jika Bunda bertanya EWG itu apa, jawabnya adalah sebuah grup non profit yang bertujuan untuk memajukan kesehatan publik. Untuk membuktikan penelitiannya, mer4eka melakuakan pengujian terhadap sereal sebanyak 1556 dan snack bars sebanyak 1025. Dari penelitiannya, terdapat terlalu banyak jumlah vitamin A, Niasin dan Zinc. Dan ditemukan 114 sereal yang mengandung lebih dari 30% dari tiga nutrisi yang direkomendasikan oleh FDA atau the Food and Drug Administration.

Untuk semua snack bars yang diuji, 27 buah diantaranya mengandung lebih dari 50% vitamin A dan Zinc yang dianjurkan. Padahal, sebenarnya keguanaan vitamin A, Niasin dan Zinc sangat bermanfaat bagi tubuh si kecil. Apalagi yang paling baik sebenarnya adalah yang masih fresh yang ada pada makanan yang belum diproses. Dilansir dari TimeForKids, beberapa manfaat dari vitamin-vitamin tersebut seperti ini;

1. Vitamin A yang ada pada telur, daging, melon jingga (cantaloupe), wortel dan bayam, ini dapat membantu melihat dalam kegelapan.

2. Seharian beraktivitas, Niasin ini adalah si vitamin yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi energi. Niasin ini dapat dijumpai pada ikan, biji-bijian seperti gandum dan beras merah serta kacang-kacangan.

3. Untuk melawan infeksi pada tubuh, Zinc adalah vitamin yang berperan aktif melawn infeksi tersebut. Berbeda dengan dua vitamin di atas, Zinc lebih banyak ditemui di berbagai makanan. Termasuk pada daging, makanan berbasisdgandum dan kacang-kacangan.

Jika mengandung banyak vitamin, nutrisi yang tercantum lebih banyak vitamin dan mineral, maka makananan tersebut dalam komposisi dewasa. Jadi jika si kecil memakan p[roduk makanan tersebut, maka sama saja memberi vitamin atau memberi nutrisi yang melebihi dari kebutuhan tubuh si kecil.

Kebiasaan anak-anak memakan snack bars atau seporsi sereal dalam jumlah yang besar sehari dapat membahayakan si kecil. Sebab, dalam jumlah besar, vitamin yang masuk ke dalam tubuh ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan Zinc dalam level yang tinggi. Hal ini dapat mengganggu kekuatan tubuh saat melawan infeksi ataupun mengganggu kekebalan tubuh alami.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE