Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

November 16th, 2017

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik buat si kecil, tak terkecuali dengan kebutuhan ASI si kecil. Agar ASI lancer, Bunda harus memastikan bahwa tubuh Bunda sudah terhidrasi dengan baik atau cukup mendapatkan kecukupan air dalam tubuh.

minuman ibu hamil

Walau Bunda harus minum air banyak agar ASI keluar dengan lancer, namun sayangnya tak semua aneka jenis minuman boleh dikonsumsi oleh Bunda pada saat menyusui. Ada beberapa jenis minuman yang tidak boleh Bunda konsumsi, sehingga Bunda harus pintar memilih jenis minuman apa yang akan diminum saat menyusui si kecil.

Jadi, Bunda bisa menghindari minuman yang tidak diperbolehkan saat mmenyusui. Seperti apa minuman yang boleh dan tidak boleh saat Bunda menyusui si Kecil. Berikut ini, dikutip dari web nakita, inilah minuman yang boleh dan tidak boleh diminum saat menyusui si kecil.

1. Air putih

Semua orang tahu bahwa minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagi ibu yang sedang menyusui si kecil minum air putih sangat dianjurkan. Setidaknya 13 gelas perhari harus diminum Bunda agar tubuh Bunda terhidrasi dengan baik.

Jika Bunda merasa bosan dengan air putih, Bunda bisa meminum minuman lainnya yang tidak mengandung pemanis buatan. Misalnya saja dengan menambahkan air putih dfengan irisan berbagai macam buah agar lebih aman dan sehat. Seperti irisan loemon, mentimun, stroberi dan daun mint yang dicampur dengan air.

2. Teh herbal

Salah satu minuman yang digemari oleh para bunda adalah minuman herbal. Tetapi karena kandungan lemon dan teh peppermint dapat menurunkan produksi ASI maka Bunda harus membatasi minum the herbal ini. Sementara jenis teh herbal lainnya seperti the ginseng dan kava-kava kurang baik bagi kesehatan Bunda dan si kecil.

3. Susu Almond

Susu terbaik untuk menggantikan susu sapi adalah susu almond. Sama bergizinya dengan susu sapi, susu almond juga baik untuk Bunda yang sedang menyusui. Sebab susu almond sendiri memiliki nilai nutrisi yang komplek. Misalnya saja kandungan vitamin B kompleks.

Vitamin B komplek merupakan kumpulan dari berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1, B2, B3, dan lain-lain. Istimewanya masing-masing vitamin memiliki manfaat sendiri-sendiri. Secara garis besarnya, vitamin B kompleks ini dapat menyehatkan saraf, melancarkan pencernaan, menjaga kolesterol dalam tubuh, membantu produksi energi dalam tubuh sehingga sangat baik untuk Ibu menyusui.

4. Jus buah

Minum jus buah setiap hari sangat baik bagi Bunda yang sedang menyusui, asalkan tidak berlebihan saat mengkonsumsinya. Misalnya seperti jus delima, acai berries atau jus cranberry.

Dan minuman yang perlu Bunda hindari adalah bir. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bir dapat mengurangi produksi ASI, selain itu dapat mengganggu perkembangan motorik bayi dan juga mendistorsi pola tidur si kecil.

Komentar

BACA JUGA