Pentingnya Peran Shadow Teacher Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus memiliki pola belajar tersendiri. Hal ini kerap kali mengkhawatirkan kebanyakan orang tua dalam proses belajar si anak. Anak berkebutuhan khusus memiliki gaya belajar tersendiri yang dia sukai, sehingga membuat orang tua takut bahwa anak mereka tak mendapat pendidikan yang baik yang disebabkan dengan kekurangan yang anak mereka miliki. Terlebih, jumlah Sekolah Luar Baisa yang jemlahnya tidak sebanding dengan jumlah anak berkebutuhan khusus membuat penyebaran pendidikan tidak merata.

anak kebutuhan khusus

Yang membuat orang tua khawatir lainnya adalah, peran sang guru dalam memberikan pendidikan pada anak berkebutuhan khusus. Peran guru sangat berarti bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Guru pendamping anak berkebutuhan khusus sering disebut shadow teacher. Shadow teacher berperan sebagai pendaping yang bekerja langsung dengan anak berkebutuhan khusus selama masa prasekolah hingga sekolah dasar.

Peran Shadow Teacher

Shadow Teacher erperan dalam memahami berbagai kesulitan mengajar serta menangani anak berkebutuhan khusus dengan baik dan sebisa mungkin memberikan perhatian khusus yang dibutuhkan anak berkebutuhan khusus. Shadow Teacher juga dilatih untuk membantu mereka berinteraksi dengan orang lain.

Terdapatnya shadow teacher dalam pendidikan akan meningkatkan kualitas anak berkebutuhan khusus dalam pengalaman belajar. Shadow teacher akan membantu anak berkebutuhan khusus dalam hal berkomunikasi, sosialisasi, berpartisipasi di kelas, sopan santun dan mengontrol perilakunya. Peran shadow teacher tak hanya disitu saja namun juga membentuk karakter mandiri dalam diri anak berkebutuhan khusus.

Guru dan shadow teacher perlu bekerjasama

Menurut Dizon, terdapat lima bagian dari shadow teacher yaitu merencanakan kurikulum, instruksi, manajemen perilaku, manajemen keterampilan sosial, dan kemampuan bekerja dalam kelompok. Sehingga apapun rencana guru, shadow teacher memungkinkan bahwa anak berkebutuhan khusus tersebut ikut berpartisipasi dan memastikan bahwa anak berkebutuhan khusus sudah paham dengan kondisi yang terjadi dan apa yang dapat ia lakukan.

Shadow teacher juga wajib melaporkan kemajuan siswa dalam hal akademik, perilaku, kegiatan sehari-hari dan sosialisasi. Pendampingan shadow teacher sangat membantu pekerjaan seorang guru. Jadi, guru dan shadow teacher wajib memiliki hubungan yang baik dan bekerjasama untuk mengembangkan kepribadian serta memberikan pendidikan yang berguna bagi anak berkebutuhan khusus.

Shadow teacher, guru kelas dan orang tua wajib memiliki komunikasi dan bekerjasama dalam memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Terciptanya kondisi yang selaras akan memberikan efek baik pada anak berkebutuhan khusus. Dan wajib digaris bawahi, shadow teacher berada di bawah arahan kepala sekolah dan guru kelas sehingga mungkin banyak sekolah anak berkebutuhan khusus tak

memiliki shadow teacher dalam pembelajaran di sekolah. Namun alangkah lebih baik jika terdapat shadow teacher sebagai pendamping anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran dan pendidikan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE