Perbedaan Kuman, Bakteri, Virus, Jamur & Cacing Penyebab Penyakit

kuman, bakteri, virusPenyebab timbulnya penyakit, bisa berasal dari beberapa jenis organisme. Ada yang disebut dengan kuman, bakteri, virus, jamur bahkan cacing. Lalu, apa perbedaan dari kelima organisme penyebab penyakit tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

Kuman & Bakteri

Kuman adalah jenis organisme bersel satu yang hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Kuman merupakan sebutan lain dari bakteri, ketika bakteri menular memasuki tubuh, jumlahnya akan semakin bertambah dan berpotensi memproduksi sejumlah zat kimia kuat yang disebut dengan toksin. Zat toksin ini bisa menghancurkan sel-sel tertentu pada jaringan yang diserangnya sehingga membuat kita merasa sakit.

Bakteri umumnya memiliki dinding sel seperti sel pada hewan dan jamur, tetapi tentu saja dengan komposisi yang sangat berbeda. Banyak yang bergerak menggunakan flagella (rambut halus yang digunakan untuk bergerak).

struktur bakteri

Bakteri tidak semuanya berbahaya bagi tubuh, ada beberapa bakteri yang tinggal di dalam organ tubuh seperti usus dan mulut yang justru menguntungkan kita. Beberapa contoh penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri di antaranya radang paru, jerawat, radang tenggorokan, kolera, dan sebagainya. Penyakit yang ditimbulkan oleh kuman atau bakteri pada umumnya bisa diobati dengan antibiotik.

Bakteri merupakan jenis organisme yang paling banyak jumlahnya dibanding jenis organisme lainnya. Bakteri tersebar dimana-mana seperti di tanah, air, dan juga sebagai simbiosis dari organisme lainnya.

Virus

Virus berasal dari bahasa Latin yang berarti racun, virus merupakan mikroorganisme yang sangat kecil (jauh lebih kecil dari bakteri) sekitar 20-300nm dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron. Virus hanya bisa berkembang biak bila ia memasuki sel hidup karena mereka tidak bisa berkembang biak sendiri. Berbeda dengan bakteri yang tidak selalu membutuhkan sel hidup untuk proses kembang biak seperti proses pembusukkan di mana bakteri pembusuk dapat berkembang biak pada organisme yang sudah mati.

Struktur virus bermacam-macam, namun jika dibandingkan dengan bakteri struktur virus lebih sederhana. Sifat genetic yang dikandung oleh suatu jenis virus juga lebih sederhana dibandingkan dengan bakteri. Tidak ada sifat-sifat penyakit yang khusus atau khas yang menunjukkan apakah suatu penyakit disebabkan oleh virus atau baktei, namun kebanyakan penyakit biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang bersifat “self limited diseas”, artinya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun.

flu stuktur

Saat virus menyerang tubuh manusia, ia akan memasuki lalu menguasai beberapa sel tubuh. Virus memerintahkan sel tubuh yang dimasukinya untuk memproduksi bagian-bagian yang diperlukan dalam rangka memperbanyak diri. Dalam prosesnya, sel tubuh tadi akan dibasmi oleh virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus di antaranya seperti polio, influenza, dan campak. Pengobatan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang berbahaya biasanya dilakukan dengan pemberian antivirus.

Jamur

Jamur juga merupakan jenis organisme bersel satu namun bentuknya sedikit lebih besar dari bakteri. Pada dasarnya jamur tidak menular, tetapi ada jenis jamurtertentu yang bisa menular, seperti jenis jamur Kandida misalnya. Jenis jamur Kandida dapat menyebabkan guam atau sariawan.

Cacing

Cacing hidup dari nutrisi yang ada di dalam tubuh manusia. Telur cacing hingga cacing-cacing p penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh manusia biasanya akan tinggal di saluran usus, paru, hati, kulit, atau otak.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE