Peringatan 17 Agustus 1945, apa lomba 17 Agustus favoritmu?

Wah tidak terasa ya, sebentar lagi kita akan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 71 tahun. Tepat pada 17 Agustus 1945 silam, teks proklamasi kemerdekaaan Republik Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs.Mohammad Hatta.

Naskah-Proklamasi

Semenjak itulah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia dari jajahan bangsa lain. Setiap tahunnya kita memperingati hari bersejarah ini dengan beragam kemeriahan. Upacara bendera, berbagai lomba dan bazaar turut menjadi budaya dalam merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Aneka lomba 17 Agustus kerap dinantikan oleh warga baik anak-anak maupun dewasa. Biasanya perlombaan 17 Agustus ini dikoordinir oleh para pemuda Karang Taruna setempat.

Berikut 5 lomba 17 Agustus yang seru untuk dicoba.

1. Makan Kerupuk

lomba-makan-kerupukFoto: naningisme.wordpress.com

Kerupuk disiapkan dengan keadaan digantung secara berjejer dengan tali. Para peserta lomba 17 Agustus satu ini diharuskan memakan kerupuknya sampai habis. Tapi ingat, peserta hanya boleh menggunakan mulutnya dan tidak boleh menggunakan tangan. Siapa paling cepat menghabiskan kerupuknya, dialah pemenangnya.

2. Balap Karung

 

lomba-balap-karungFoto: www.lia.com.sg

Karung beras atau karung terigu disiapkan untuk masing-masing peserta. Semua peserta berada di garis start dengan posisi berdiri diatas karung. Ketika peluit ditiup, semua peserta memasukkan badan bagian bawahnya ke dalam karung lalu melompat hingga garis finish. Siapa yang mencapai garis finish lebih dulu, dia yang menang.

3. Gigit koin dalam pepaya

 lomba-gigit-koinFoto: uun-halimah.wordpress.com

Buah pepaya muda yang telah disisipi koin receh disiapkan dalam keadaan menggantung pada tali.  Peserta diharuskan mengambil koin-koin tersebut dengan mulutnya. Bagi peserta yang mengumpulkan koin paling banyak dialah pemenangnya. Siap-siap cemong karena lomba 17 Agustus yang satu ini menggunakan buah yang telah dilumuri minyak oli sebelumnya.

4. Tarik Tambang

 lomba-tarik-tambangFoto: bem.pcr.ac.id

Anda yang memiliki kekuatan besar harus ikut lomba 17 Agustus yang satu ini. Peserta akan dibagi menjadi dua regu yang biasanya terdiri dari 5-6 orang. Kedua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dengan kondisi memegang erat tali tambang. Sebuah garis pembatas ditempatkan ditengah-tengah. Masing-masing regu berupaya menarik tambang sekuat mungkin agar regu lawan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis akan dinyatakan kalah.

5. Panjat Pinang

 lomba-panjat-pinangFoto: www.antarasumbar.com

Biasanya ini menjadi lomba paling dinanti dalam acara lomba 17 Agustus. Pohon pinang tinggi akan disiapkan dan batangnya dilumuri oleh minyak oli. Di bagian atas pohon disisipkan berbagai hadiah menarik. Para peserta bahu-membahu memanjat batang pohon yang licin untuk menggapai hadiah-hadiah tersebut. Siapa yang bisa meraih bendera di puncak pohon, dia berhak atas semua hadiah itu.

Nah, itu dia 5 lomba 17 Agustus yang seru untuk diikuti. Adakah lomba favorit kamu? Atau kamu punya lomba 17 Agustus favorit lain? Yuk share di kolom komentar.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE