Perlukah Aturan Rumah Tangga?

aturan rumah tanggaDi dalam sebuah rumah, sangat penting ada sebuah aturan. Aturan rumah tangga merupakan peraturan yang dibuat untuk semua anggota keluarga yang tinggal satu atap dalam sebuah rumah. Lalu, mengapa Anda perlu membuat aturan rumah tangga? Agar semua aktivitas atau kegiatan di dalam rumah berlangsung dengan lancar, maka Anda sangat perlu untuk membuat aturan-aturan tersebut, hal ini juga berfungsi untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di dalam rumah.

Percaya atau tidak, dengan adanya aturan di dalam sebuah rumah tangga akan membuat penghuninya menjadi bersikap lebih tertib dan disiplin. Semua anggota keluarga akan mulai membiasakan apa yang harus dilakukan dengan tepat waktu, sehingga Anda tidak akan sulit membuat anak-anak menghargai waktu mereka sendiri. Di antara sekian banyak aturan yang mungkin akan mulai Anda putuskan dari sekarang, ada beberapa aturan yang wajib ada di antaranya adalah sebagai berikut:

Peraturan Jam Tidur

Peraturan ini bisa diberlakukan bagi anak agar mereka tidak tidur hingga larut malam. Selain karena mereka harus bersekolah keesokannya, tidur larut malam akan mengganggu kesehatannya.

Bangun Pagi

Keluarga yang baik dan berkualitas tentu akan memiliki aturan yang menentukan kapan seluruh anggota keluarganya harus bangun pagi dan tidur malam, khususnya untuk anak-anak. Terlebih jika Anda memiliki anak yang masih bersekolah, mereka tentunya harus dibiasakan untuk bangun pagi agar tidak terlambat dan bisa mempersiapkan bekal ke sekolah dengan baik dan tidak terburu-buru. Aturan ini boleh dibuat pengecualian, misalnya saat libur sekolah. Namun bukan berarti di setiap libur sekolah mereka bisa bangun siang, karena tentunya selain tidak baik untuk kesehatan, Anda mulai membiasakan mereka untuk bermalas-malasan.

Pembagian Tugas Rumah

Meskipun Anda memiliki pembantu rumah tangga, setiap anggota keluarga sebaiknya tetap diberi tanggung jawab masing-masing untuk tugas tertentu. Misalnya dibiasakan untuk membereskan tempat tidur sendiri, membereskan mainan yang sudah dipakai bagi anak-anak, memasak sarapan pagi dan makan malam oleh Ibu, mengurus kebun oleh Ayah, dan lain sebagainya. Pembagian tugas rumah merupakan hal yang penting karena secara tidak langsung Anda mengajarkan tanggung jawab kepada setiap anggota rumah. Selain itu, Anda juga tidak akan terlalu tergantung kepada pembantu ketika mereka harus mudik atau sakit yang membuat kewajiban urusan rumah menjadi terbengkalai.

Jam Pulang

Bagi orangtua yang sudah memiliki anak remaja, mereka mungkin akan mulai pulang larut malam karena asyik bermain. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mulai membuat peraturan tentang jam batas waktu pulang. Jika dilanggar maka anak akan mendapatkan konsekuensi yang telah Anda tentukan sebelumnya. Ketika anak mendapatkan hukuman, maka anak akan menjadi jera dan tidak akan mengulanginya lagi.

Bedakan Waktu Antara di Rumah dan di Kantor

Jika Anda termasuk orangtua yang sibuk, mungkin Anda sulit untuk terlepas dari urusan kantor walaupun sudah berada di rumah. Padahal hal tersebut mungkin cukup menganggu kenyamanan anggota keluarga lain. Oleh karena itu, Anda bisa membuat peraturan bahwa saat sedang bersama keluarga, urusan pekerjaan harus dikesampingkan terlebih dahulu dan lebih fokus pada keluarga. Poin ini sangat penting karena kualitas waktu yang dihabiskan untuk keluarga tidak ada yang bisa menggantikannya, apalagi jika Anda jarang bertemu dengan anak-anak atau suami.