Perlukah Menggunakan Tablet untuk Anak? Ikuti Tips Berikut Ini

tabSemakin berkembangnya era digital dan teknologi mobile yang pesat, mau tidak mau berdampak pada semua lapisan masyarakat tanpa pandang bulu, termasuk pada anak-anak. Untuk urusan teknologi mobile-pun, sebut saja smartphone tablet, kini semakin melebarkan sayapnya ke penggunaan khusus anak dengan membenamkan fitur aplikasi dan game yang didesain untuk anak-anak. Lalu apakah penggunaan tablet sendiri baik untuk anak?

Zaman sekarang anak-anak sudah pandai dalam menggunakan gadget, entah itu laptop ataupun smartphone tablet, biasanya anak-anak menggunakannya untuk keperluan bermain game. Ini mungkin suatu hal yang baik, karena sejak kecil anak-anak sudah diperkenalkan teknologi. Penggunaan gadget yang memerlukan ‘koordinasi’ antara indera membuat anak cepat respon atau tanggap dalam menghadapi sesuatu.

Dampak buruknya yang pasti adalah lupa waktu. Terlalu sering menggunakan tablet membuat anak terlalu asyik bahkan addict, ini membuat anak lupa waktu, lupa kapan belajar, lupa mandi atau parahnya lupa bahwa di sekitarnya ada lingkungan di sekitar mereka. Anak-anak akan terpaku pada dunia gadget serta dunia maya, dan lupa bergaul dengan lingkungan sekitar mereka.

Sebagai orang tua tentu Anda sudah mempertimbangkan baik buruknya sebelum memperkenalkan mereka atau bahkan membelikannya dengan seperangkat gadget. Baik buruknya penggunaan ini tentu Anda sudah pernah membacanya lewat referensi-referensi parenting di media-media online, Nah BuahHatiku.com di sini akan memberikan tips dan trik bagaimana sebaiknya memilih tablet untuk anak.

Tablet untuk Anak

Anda sebaiknya membeli tablet untuk anak yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Tablet ini biasanya terdapat aplikasi-aplikasi atau game edukasi untuk anak-anak, sehingga Anda tidak perlu mencari lagi aplikasinya di store-store resmi.

Gunakan Tablet untuk Kegiatan Belajar dan Beribadah

Mulailah membangun mindset kepada anak Anda bahwa tablet tidak hanya digunakan untuk bermain game saja. Instal aplikasi Al Quran. Aplikasi untuk menggambar atau aplikasi-aplikasi yang membantu mereka dalam urusan belajar dan beribadah.

Batasi Penggunaan Tablet

Batasi penggunaan tablet untuk anak Anda. Misalnya penggunaannya khusus untuk bermain game dibatasi saat hari libur atau setelah mereka belajar.

Batasi Aplikasi dan Game dalam Tablet

Selain pembatasan dalam penggunaannya, Anda harus membatasi aplikasi dan game yang tertanam pada tablet. Anda tak harus install aplikasi dan game popular saat ini, namun yang paling penting adalah aplikasi dan game yang berguna untuk anak Anda.

Jangan Aktifkan Paket Data dan WiFi

Jangan membenamkan kartu yang tersambung paket data dan jangan mengkoneksikan WiFi pada tablet Anda. Ini untuk menghindari kemungkinan anak Anda dalam mengakses browser atau mengakses social media di luar control Anda.

Anda harus tau bahwa anak zaman sekarang cepat sekali belajar dalam penggunaan social media. Pasti anda sering menemukan anak SD yang sudah punya Facebook bukan? Atau jangan-jangan anak Anda punya facebook tanpa sepengetahuan Anda?

Dampingi Anak dalam Penggunaan Tablet

Penggunaan tablet juga perlu pendampingan Anda. Pastilah Anda wajib tau seberap a jago anak Anda dalam memainkan tablet. Ini berguna untuk mengetahui ketrampilan anak Anda. Ingat, teknologi tak selamanya berdampak buruk. Dengan pendampingan seperti ini, Anda yang akan mengarahkan anak Anda ke teknologi yang baik untuk perkembangan mereka.

Abaikan Harga dan Kecanggihan Tablet

Untuk anak-anak Anda yang masih kecil, Anda sebaiknya mengabaikan harga dan kualitas tablet itu sendiri. Tablet merk local sekarang banyak yang murah, Anda tak harus membelikan yang mahal-mahal. Selain harga, Anda juga sebaiknya mengabaikan kecanggihan tablet itu sendiri, tak perlu mencari OS yang paling update, tak perlu mencari yang tahan air atau fitur lainnya. Di sini yang perlu diingat adalah tablet ini akan digunakan untuk anak-anak, tentulah yang harus diperhatikan adalah point-point yang sudah dijelaskan di atas.

Itulah tips-tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memberikan anak Anda dengan perangkat tablet. Ingat, jangan sekali-kali menyalahkan perkembangan teknolgi, Anda lah yang mengendalikan anak Anda sendiri dan menggiring mereka untuk mengambil hal-hal yang baik dari perkembangan teknologi itu sendiri. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda dan keluarga.