Pola Makan Anak Tidak Teratur & Susah Minum Air Putih? Hati-hati Darah Kental!

darah kental, makanan ibu hamilDarah manusia ternyata bisa menjadi kental, apalagi jika kita tidak pernah melakukan pengecekkan sedari dini. Kondisi inipun tidak bisa dianggap remeh, karena darah yang kental tidak akan bisa mengalir ke seluruh tubuh dan berakibat pada sumbatan aliran darah. Darah kental berbeda dengan pembekuan darah dimana hal ini diperlukan saat manusia terluka untuk menghentikan pendarahan yang menimpanya. Darah kental ini justru berbahaya bagi kesehatan karena menyebabkan berbagai penyakit kronis yang mematikan.

Gejala

Sebaiknya kita memahami kondisi tubuh kita sendiri, perhatikan saat tubuh menjadi tidak nyaman dan mulai menunjukkan gejala-gejala dari penyakit darah kental seperti yang disebutkan berikut ini:

  • Sakit mata
  • Terasa sakit kepala
  • Badan menjadi lemas
  • Pusing
  • Terkena migrain dengan frekuensi yang sering
  • Mudah mengantuk
  • Mengalami gejala anemia
  • Pegal

Faktanya, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan seseorang terkena darah kental. Jika saja mereka mengetahui apa saja yang menjadi penyebab darah kental dan bagaimana menanggulanginya tips hidup sehat, gaya hidup sehat, tips diet sehat, tips sehat, cara diet yg sehat, makanan sehat, pola hidup sehat, pola makan sehat, hidup sehat, budaya hidup sehat, diet sehat, program diet sehat, sehat, info sehat, tentu mereka akan menghindari penyebab darah kental seperti yang diuraikan di bawah ini:

Alkohol

Alkohol tidak baik untuk peredaran darah, hal ini dikarenakan alkohol bisa mengalahkan kandungan air yang ada di dalam tubuh. Semakin sering orang meminum alkohol, semakin sering pula dia akan terkena dehidrasi. Padahal dehidrasi menjadi penyebab utama mengapa darah menjadi kental. Hindari mengkonsumsi alkohol jika Anda tidak ingin darah menjadi kental dan terhindar dari berbagai macam penyakit kronis.

Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Efek kekurangan air putih di dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang terkena darah kental lho. Air putih sangatlah bermanfaat dalam menjaga kesehatan juga stamina tubuh. Jika Anda memiliki aktifitas kerja yang melelahkan, Anda harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Minuman terbaik untuk dikonsumsi adalah air putih, kesalahan orang saat ini adalah mereka banyak yang memilih mengkonsumsi teh dan kopi yang ada di meja mereka dibandingkan dengan meminum air putih padahal terapi air putih, diet dengan air putih, diet air putih, akibat kurang minum air putih, manfaat air putih bagi tubuh, manfaat minum air putih, manfaat air putih hangat, fungsi air, air putih, air minum, manfaat air putih, manfaat air.

Merokok

Zat nikotin pada rokok bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, darah yang tidak lancar dialirkan akan menggumpal dan menyebabkan pengentalan darah. Oleh sebab itulah hindari bahaya merokok dan meminum-minuman keras agar terhindar dari pengentalan darah.

Kurang Gerak

Orang yang bekerja di kantor akan melakukan aktivitas monoton, aktivitas itu berupa duduk di kursi dan kemudian menghadap laptop. Aktivitas yang monoton itu bisa menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan menjadi penyebab darah kental. Jika Anda kerja kantoran, imbangilah dengan olahraga cukup saat berada di dalam rumah.

Kolesterol

Orang yang menderita kolesterol tinggi cenderung memiliki darah yang kental, tidak heran jika penderita kolesterol bisa terjangkit dengan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja adalah jantung dan juga stroke padahal dengan metode makanan diet, makanan untuk diet, makanan sehat untuk diet, makanan diet sehat, menu makanan diet, cara hidup sehat, cara diet sehat, cara diet, cara diet pisang, pola makan diet, menu makanan sehat, menu diet sehat, menu sehat.

Kekurangan Trombosit

Penyebab darah kental dalam tubuh bisa terjadi karena kekurangan trombosit. Trombosit adalah zat yang berperan dalam pembekuan darah, akibatnya darah bisa saling melekat dan menempel satu sama lain. Jika sudah saling melekat, darah akan menjadi kental dan sulit untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Jika sudah begitu diperlukan cara untuk bisa mengencerkan darah kembali.

Kerusakan Endotel

Salah satu penyebab darah kental adalah kerusakan endotel yang merupakan bagian darah yang berfungsi untuk membekukan darah jika terjadi luka atau pendarahan. Jika endotel rusak, trombosit satu dengan lainnya bisa saling melekat sehingga resiko darah menjadi kental dan susah untuk dialirkan semakin besar.

Sindrom

Sindrom darah kental merupakan penyebab yang bisa menyebabkan kepekatan darah meningkat. Kepekatan darah ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya saja adalah darah yang kekurangan trombosit, sehingga darah atau trombosit bisa saling melekat satu sama lain. Jika sudah saling melekat maka darah pun menjadi kental dan susah untuk dialirkan.

Pola Makan

Sebanyak 60 persen penyebab pengentalan darah adalah pola makan yang tidak teratur. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan seseorang terkena pengentalan darah, sebab makan tidak teratur akan diikuti dengan menu makanan sehat yang tidak teratur pula. Hal ini sering terjadi pada anak-anak, sehingga orangtua perlu memperhatikan asupan makannya setiap hari.

Stress

Stress bisa menyebabkan pengentalan darah sebab stress bisa membuat penyempitan pembuluh darah dan darah menjadi tidak lancar untuk dialirkan. Darah yang tidak bisa dialirkan itu akan mengalami pengentalan dan saling melekat satu sama lainnya.

Radikal Bebas

Radikal bebas bisa menyebabkan seseorang terkena pengentalan darah, radikal bebas yang bisa menyebabkan darah menjadi kental adalah polusi udara dan masih banyak lagi lainnya.

Genetik

Jika Anda memiliki orangtua yang memiliki penyakit darah kental, resiko Anda terkena penyakit ini cenderung besar. Tidak hanya itu saja, jika Anda membawa virus penyebab hepatitis yang Anda dapatkan dari kedua orangtua maka Anda rentan untuk terkena penyebab darah kental dalam tubuh.

Suhu Dingin

Suhu dingin juga bisa menyebabkan darah menjadi kental. Suhu dingin bisa berasal dari ketika Anda naik pesawat atau pada ketinggian di atas permukaan bumi yang menyebabkan suhu tiba-tiba menjadi dingin. Saat dingin tersebut darah akan menjadi kental.

Cara Mengatasi Darah Kental

Mengkonsumsi Air Putih. Untuk mencegah darah kental, konsumsilah air putih yang cukup untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh, sehingga darah yang tadinya kental menjadi cair kembali.

Bekam, merupakan salah satu pengobatan tradisional yang bisa digunakan untuk melancarkan aliran darah dan mengeluarkan darah kotor. Tidak hanya itu saja, darah yang kental bisa dikeluarkan dengan jalan bekam.

Bawang Putih. Kandungan dalam bawang putih bisa digunakan untuk mengencerkan darah. Saat ini ada supplemen bawang putih yang dijual di apotik untuk melancarkan dan mengecerkan darah yang mengental.

Nanas, mengandung enzim bromelain yang bermanfaat dalam mengencerkan darah yang mengental di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi nanas sebanyak 50 gram per harinya.

Cuka Apel, bisa digunakan untuk mengencerkan darah, alasannya adalah kandungan kalium pada cuka apel bisa digunakan untuk memecahkan lemak dan memecahkan protein yang ada di dalam darah. Pemecahan protein dan juga lemak tersebut bisa digunakan untuk mengencerkan darah secara alami. Tidak hanya itu saja, konsumsi cuka apel bisa digunakan untuk mencegah hormon angiotensin yang bisa menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah arteri di dalam tubuh sehingga obat pengencer darah, pengentalan darah, penyakit darah, darah kental.

Tomat, kandungan gizi tomat merupakan buah yang kaya akan enzim bromelain yang dapat mengatasi penyebab darah kental, sebaiknya dalam sehari Anda mengkonsumsi 5 buah tomat segar setiap harinya.

Mengkonsumsi Vitamin K. Buah yang kaya akan vitamin K bisa digunakan untuk mengencerkan darah yang mengalami pengentalan, seperti pada tanaman kacang-kacangan (kacang buncis, kacang polong, kacang hijau, dll).

Supplemen Vitamin E. Anda bisa mengonsumsi supplemen yang banyak mengandung vitamin E atau makanan yang mengandung vitamin E untuk mengencerkan darah yang mengental.

Aspirin, merupakan obat yang bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Saat Anda merasakan gejala darah kental sebaiknya segera mengkonsumsi aspirin. Namun tidak disarankan bagi Anda yang sedang mengalami menstruasi atau hendak melakukan tindakan bedah karena efek samping aspirin bisa menyebabkan pendarahan.

Hindari Zat Besi. Agar darah tidak menjadi semakin berat, sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi supplemen atau makanan yang mengandung zat besi. Darah akan menjadi semakin kental saat kita mengkonsumsi zat besi.

Hangatkan Tubuh. Saat terjadi penyebab darah kental karena suhu dingin, Anda bisa menghangatkan tubuh di dekat perapian, menggunakan sweeter atau dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Seseorang yang mengalami darah kental tidak boleh dilakukan tindakan pemijatan, cukup dengan mengusapkan gel yang bisa digunakan untuk mengencerkan darah.

Mencegah Darah Kental

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Agar terhindar dari komplikasi, sebaiknya Anda melakukan pencegahan agar tidak mengalami penyakit darah kental :

Pola Makanan Sehat. Hindari berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol karena akan menyebabkan darah kental dan menjadi sulit mengalir.

Pola Hidup Sehat. Sebaiknya Anda mulai menerapkan gaya hidup sehat tanpa alkohol, tanpa rokok dan tentunya istirahat yang cukup.

Pola Pikir. Perbaiki pola pikir Anda, jangan buat diri Anda mudah stress dan mudah kacau. Pola pikir yang sehat menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya darah menjadi kental.

Konsumsi Antioksidan. Antioksidan baik untuk kesehatan karena bisa menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab darah menjadi kental dan berbagai macam penyakit kronis lainnya. Mengkonsumsi buah dan makanan yang kaya akan antioksidan sangat efektif untuk mencegah darah kental.

Olahraga. Kegiatan ini bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Tubuh yang dibiasakan bergerak akan memiliki peredaran darah yang lancar dibandingkan dengan tubuh yang tidak bergerak sama sekali.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE