Puding Biskuit – Manisnya Menggugah Selera

puding biskuitDari berbagai jenis hidangan penutup, Puding merupakan salah satu jenis hindangan penutup yang banyak digemari. Selain teksturnya yang lembut, Puding juga sering dibuat dengan berbagai varian rasa ditambah siraman vla yang menggugah selera. Puding tidak hanya bisa dibuat dari campuran buah-buahan saja, namun juga bisa dari berbagai macam sayuran hingga biskuit yang banyak disukai anak-anak.

Di musim yang mulai memasuki musim panas ini, rasanya sajian puding yang dingin sangat pas untuk menyegarkan suasana di rumah setelah penat beraktivitas. Penambahan biskuit pada puding juga akan menarik minat anak-anak untuk mencobanya, sekaligus bisa dijadikan senjata ampuh untuk membujuk mereka agar tidak sering jajan makanan yang tidak sehat di luar rumah. Selain itu, kombinasi biskuit pada puding akan menghasilkan rasa yang lebih nikmat dibanding puding pada umumnya. Sajian Puding Biskuit ini juga bisa dijadikan makanan penutup favorit lho saat ada acara kumpul keluarga, arisan, atau syukuran. Bahan untuk membuat Puding Biskuit berikut ini sangatlah mudah, Anda bisa membuatnya dari bahan-bahan yang kebanyakan sudah tersedia di rumah. Berikut resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

3 butir telur
60 gram gula pasir
1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
75 gram tepung terigu protein sedang
50 gram margarin, lelehkan
75 gram biskuit kelapa, belah dua
25 gram biskuit cokelat tanpa krim
1 sendok teh pasta moka

Bahan Puding I:

250 ml santan dari ¼ butir kelapa (atau bisa memakai santan instan yang dicampur air secukupnya)
1 sendok makan agar-agar bubuk (kurang lebih 7 gram)
50 gram gula pasir
2 putih telur
¼ sendok teh garam
25 gram gula pasir

Bahan Puding II:
400 ml santan dari ¼ butir kelapa (atau santan instan)
75 gram gula merah, sisir halus
¼ sendok teh garam
½ bungkus agar-agar bubuk

Cara Pengolahan:

  • Pertama-tama, kocok putih telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Lalu tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  • Masukkan margarin leleh dan pasta moka sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang ke Loyang berukuran 24x12x24 cm yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. Oven sekitar 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius. Belah menjadi 2 cake, dan potong setebal 1cm.
  • Letakkan selembar cake di Loyang 24x10x17 cm yang telah dialasi plastik.
  • Untuk Puding I, rebus santan, agar-agar, dan gula pasir sambil diaduk rata sampai mendidih, sisihkan.
  • Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang, lalu tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  • Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Bagi menjadi 2 adonan, lalu tuang setengah bagian di atas cake.
  • Tata biskuit kelapa dan biskuit cokelat secara selang-seling. Tutup dengan sisa bahan Puding I, biarkan hingga beku.
  • Untuk pengolahan Puding II, rebus santan, gula merah, garam dan agar-agar sambil diaduk rata hingga mendidih. Tuang di atas Puding I, lalu bekukan.
  • Selesai. Bahan Puding Biskuit ini bisa disajikan untuk 12 potong.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE