Puspa Iptek Sundial, Cocok Untuk Study Tour

SundialSundial atau bisa diartikan sebagai Jam Matahari adalah sebuah alat yang digunakan sebagai penunjuk waktu. Sundial sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu sundial horosontal, vertical, ekuatorial dan meridian, masing-masing sundial memiliki aturan tersendiri dalam pembuatannya. Seperti salah satu jam matahari yang berada di Gedung Puspa Iptek Sundial, Kota Baru Parahyangan. Jam matahari yang terdapat di Puspa Iptek tidak hanya satu, melainkan dua buah yaitu jam matahari horisontal dan jam matahari vertikal yang terpadu menjadi satu kesatuan. Jam Matahari horisontal yang terdapat di Puspa Iptek ini juga merupakan jam matahari horisontal terbesar di Indonesia. Karena keunikan itupula Puspa Iptek Sundial berhasil mendapatkan 2 buah penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu untuk kategori Jam Matahari Terbesar di Indonesia dan Jam Matahari Vertikal dan Horisontal Terpadu Pertama di Indonesia.

Puspa Iptek Sundial memiliki lebih dari 170 buah alat peraga yang interaktif sehingga Anda sebagai pengunjung dapat mencoba sendiri dan mengeksplorasi alat-alat peraga tersebut. Nama Puspa Iptek Sundial merupakan perpaduan antara Puspa Iptek dan Sundial. Puspa Iptek merupakan singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sedangkan Sundial berarti jam Matahari. Kata Sundial melekat karena Puspa Iptek berada di sebuah bangunan yang unik di mana gedungnya memiliki fungsi ganda sebagai jam Matahari.

Gedung Puspa Iptek Sundial bersama dengan Gerbang Utama Kota Baru Parahyangan adalah sebuah tatanan terpadu. Kedua bangunan ini merupakan refleksi konfigurasi antara Matahari, Bumi, dan Bulan. Pada Gerbang Utama terdapat replika Bumi dari batu utuh yang berdiameter 2 meter dengan bobot hampir 12 ton yang diambil dari daerah sekitar Padalarang. Batu bulat tersebut dikelilingi oleh 12 tiang yang melambangkan 12 bulan. Pada masing-masing tiangnya terdapat ragam hias kalender tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara, dan bundaran tempat di mana gedung Puspa Iptek berada melambangkan Matahari. Puspa Iptek Sundial memiliki maskot yang diberi nama Si Elmu, maskot tersebut merupakan makhluk cerdas dengan sosok Sundial Horisontal jika dilihat dari atas. Si Elmu juga selalu memegang lup (kaca pembesar), yang berarti bahwa Si Elmu adalah makhluk yang haus akan ilmu pengetahuan dan teknologi serta selalu mengobservasi lingkungan sekitarnya untuk mencari tahu.

Sebagai sebuah objek wisata, kawasan Puspa Iptek Sundial sangat cocok dipilih untuk sebuah study tour. Jika Anda merupakan pihak sekolah yang ingin memilih tempat study tour, Anda bisa memilih paket rombongan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Sebelum berkunjung, pahami terlebih dahulu peraturan atau tata tertib berkunjung agar tidak terjadi kesalahpahaman saat nanti melakukan study tour. Anda bisa mengunjungi sits resminya di sini http://thebiggestsundial.com untuk mengetahui lebih lanjut. Ada beberapa program pedidikan yang bisa dipilih saat berkunjung ke Puspa Iptek Sundial, di antaranya:

  • Puspa Iptek Sundial
  • Birtday Party di Puspa Iptek Sundial
  • Ayo Berkebun
  • Electronic in a Fun
  • Wonder Chemistry
  • Laboratorium Astronomi
  • Art Play
  • Art & Science Carnival
  • Science is Beautiful
  • Robotic Learning Activities
  • Fun with Science & Theater
  • Science on the Movie
  • Science Camp
  • Wisata Giling Wesi
  • Water Rocket Fun
  • Science Show

Puspa Iptek Sundial terletak di kawasan Kota Baru Parahyangan yang sangat strategis tepatnya di Jl. Raya Padalarang No. 427 Bandung. Anda bisa menghubunginya via telp – 022 6810099. Gerbang utama Kota Baru Parahyangan hanya berjarak 500m dari pintu gerbang tol Padalarang yang tergabung dalam jaringan jalan tol Cipularang – Purbaleunyi. Puspa Iptek Sundial buka setiap hari termasuk hari libur nasional kecuali libur hari raya Idul Fitri, Natal & Tahun Baru. Kunjungan buka mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB dan loket penerimaan kunjungan tutup 30 menit sebelum waktu tutup operasional. Terbuka juga untuk umum.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE