Resep: Ayam Bumbu Bulgogi (Dak Bulgogi) Yang Pas Disantap Saat Buka Maupun Sahur

Tanpa Disadari 6 Macam Pendidikan Untuk Anak Ini Bisa Dilakukan Sekaligus di Bulan Ramadhan

Korea memiliki daya tarik tersendiri khususnya di bidang budaya dan kuliner. Dengan adanya jalinan kerjasama dengan pemerintah Indonesia, Korea semakin memiliki banyak penggemar karena sharing kuliner dan budaya semakin terbuka. Selain sajian kimchinya yang banyak digemari, kini ada salah satu jenis kuliner yang sedang tren dan booming di kalangan pecinta kuliner yakni Ayam Bumbu Bulgogi, atau bahasa aslinya yakni Dak Bulgogi.

Dak Bulgogi ini ternyata dibuat dari bahan-bahan yang sederhana yang sering berada di etalase dapur Anda. Yang menarik dari sajian Ayam Bumbu Bulgogi ini adalah taburan biji wijen yang menggugah selera makan siapapun yang melihatnya. Selain kaya akan protein, biji wijen ini dikenal dapat mencegah diabetes, hipertensi, menurunkan kolestrol, mencegah gangguan pencernaan dan memperlancar proses cerna makanan, mencegah kanker, memberi efek relaksasi apda tubuh dan pikiran, dan segudang manfaat lainnya.

Dak bulgogi ini bisa disajikan untuk disantap saat buka puasa ataupun untuk sahur. Jika makanan yang Anda sajikan tersisa saat berbuka, Anda bisa mengolahnya kembali dengan sajian berbeda saat sahur, misalnya menjadi Nasi Tim Bulgogi. Nah, penasaran kan bagaimana resep membuat Ayam Bumbu Bulgogi? Ini dia resepnya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
450 gram daging ayam bagian dada

Bahan Perendam:
100 ml dark soy sauce/kecap asin
50 ml kecap manis
50 ml air matang
2 sdm gula
1 sdm madu
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm wijen, sangria
4 batang daun bawang, potong kasar
1 sdt lada hitam

Cara Membuat:

  1. Masukkan ayam ke dalam freezer hingga setengah beku, iris tipis
  2. Campur semua bumbu perendam dalam sebuah mangkuk.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah diiris tipis ke dalam bumbu perendam, tutup dengan plastic wrap, masukkan ke dalam kulkas. Biarkan bumbu menyerap selama kurang lebih 3 jam.
  4. Masak ayam yang telah diberi bumbu di wajan atau panggangan. Sesekali beri bumbu perendam.
  5. Masukkan daun bawang saat daging hampir matang. Sajikan segera bersama nasi putih hangat.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE