Resep: Bolu Kukus Rainbow Lembut ala Rumahan

bolu kukus, resep bolu gulung kukus rainbow, resep masakan Indonesia, resep bolu coklat lembutBolu kukus dikenal dengan bentuknya yang mekar dan merekah, teksturnya padat namun lembut. Belakangan, jenis bolu ini populer dengan sentuhan karakter binatang maupun hiasan polkadot dengan kondisi bolu yang tidak mekar. Banyak ragam kreasi yang bisa diciptakan dari kudapan yang satu ini, ada yang membuatnya dengan isian selai buah, ditaburi meses, kacang, dibuat roll cake hingga dibuat seperti bentuk eskrim corong.

Sebagai kudapan yang disajikan untuk keluarga di rumah, tampilan bolu kukus yang unik dan menarik mungkin bisa dikesampingkan seperti bolu cake. Namun Resep Bolu kukus juga bisa lho dibuat seperti halnya cake biasa, rasanya sangat lembut dan tidak mengganggu tenggorokan dengan tekstur padatnya. Anak-anak pasti menyukainya, daripada mereka jajan sembarangan, lebih baik kita mencoba memberikan camilan yang dibuat sendiri di rumah. Tak sulit kok, untuk mendapatkan hasil dari bolu kukus yang lembut Anda hanya memerlukan bahan-bahan di bawah ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

200 gram terigu protein sedang
180 gram gula pasir (jika suka manis bisa ditambahkan sedikit menjadi 200 gram)
1 sch susu kental manis (putih), seduh dengan air hingga 1 gelas
2 sdt tbm/sp
2 butir telur
Pewarna makanan secukupnya (untuk bolu kukus rainbow membutuhkan 3 warna: Pink, Hijau, Kuning)

Cara Membuat Bolu Kukus Rainbow:

1. Panaskan panci serbaguna yang telah diisi air hingga mendidih. Tutup bagian penutup dengan serbet agar nanti ketika mengukus bolu air tidak menetes ke bawah.

2. Masukkan telur, gula pasir dan tbm ke dalam sebuah wadah. Mixer hingga kental berjejak.

3. Ayak tepung terigu dan masukkan ke dalam adonan perlahan-lahan sambil diselingi dengan 1 gelas susu kental manis. Aduk rata atau gunakan kecepatan mixer rendah untuk mencampurkan adonan. Jangan diaduk terlalu lama, jika khawatir adonan turun (salah satu penyebab bantat), gunakan speed 2 selama 1 menit.

4. Jika sudah tercampur rata, pisahkan adonan menjadi 3 bagian, lalu beri pewarna pada masing-masing adonan dengan pewarna Pink, Kuning dan Hijau untuk menimbulkan hasil bolu Rainbow. Jika Anda hanya menginginkan 1 warna saja, tidak jadi masalah.

5. Masukkan adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi terigu secara bertahap dan merata.

6. Jika air sudah mendidih, masukkan loyang ke dalam panci kukusan dan tunggu selama 25 menit atau hingga matang.

7. Jika sudah matang, diamkan beberapa menit hingga panasnya sedikit berkurang, lalu balikkan di atas piring saji.

Kematangan bisa dites dengan tes tusuk, caranya ambil tusuk sate lalu tusukkan ke beberapa bagian seperti bagian tengah dan pingggir loyang untuk mengetahui apakah bolunya sudah matang atau belum. Jika sudah matang maka, tidak akan ada sisa adonan yang menempel pada tusuk sate. Cara kedua, bisa dilihat dari terpisahnya adonan bolu yang matang dari loyang, hal ini bisa terjadi jika pengolesan margarin cukup, jika olesan tidak cukup kemungkinan besar bolu akan sulit dikeluarkan dari loyang atau akan mengalami kerusakan dari segi bentuk (rapuh).

Untuk mendapatkan hasil bolu kukus yang sempurna (tidak bantat), banyak faktor yang melatar belakanginya. Hal tesebut bisa terjadi dari teknik pengocokkan yang kurang, pengadukan bahan, hingga komposisi bahan yang tidak tepat. Semakin Anda banyak berlatih, Anda akan semakin tahu apa yang menjadi faktor kegagalan pada proses pembuatan resep bolu rainbow kukus ini, hingga menjadi semakin tahu membuat resep sederhana resep kue bolu atau resep rainbow kukus. Selamat mencoba!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE