Resep: Brownies Keju Kukus Irit Bahan!

brownies keju kukus

Siapa yang tidak tergoda dengan sajian brownies yang terpampang di etalase-etalase toko kue? Beragam jenis rasa brownies hingga macam-macam topping yang menghiasinya pasti sangat menggugah selera. Bagi Anda penyuka brownies pasti paham betul akan kue yang satu ini karena aslinya kue ini bercita rasa cokelat. Namun, bagaimana jika brownies bercita rasa keju? Pastinya akan sangat memanjakan lidah para penggemar salah satu olahan susu yang satu ini.

Apakah Anda ingin mencoba membuat brownies sendiri di rumah? Bingung dengan berbagai resep yang menggunakan banyak bahan dan proses yang rumit? Atau Anda takut gagal? Kini, semua hal tersebut tidak akan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan agar Anda bisa membuat dan menikmati Brownies Keju yang sangat sederhana namun nimat saat disantap. Anda pun bisa menjadikan hal ini menjadi peluang usaha rumahan lho, karena hasil dari brownies kukusnya seenak yang dijual toko kue ternama. Penasaran? Simak resep dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 butir telur
8 sendok makan gula pasir (kurang lebih 100 gram)
10 sendok makan tepung terigu (sekitar 150 gram)
2 sendok makan susu bubuk
6 sendok makan margarin, lelehkan (kurang lebih 80 gram)
2 sendok makan minyak sayur
1 sendok teh emulsifier (misal: SP, TBM, Ovallet)
1 sendok teh vanili bubuk
5 sendok makan keju parut (atau sesuai selera)

Bahan Topping:

Potongan buah cerry atau strawberry

Butter Cream:
Mentega putih 500 gram
Gula pasir halus 250 gram
Air panas secukupnya

Cara membuat Brownies Keju Kukus:

  • Masukkan telur, gula pasir dan emulsifier dalam satu wadah. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga putih, kental dan mengembang.
  • Masukkan keju parut ke dalam adonan tadi.
  • Campurkan vanili bubuk, susu bubuk dan tepung terigu. Masukkan campuran terigu secara bergantian dengan lelehan mentega yang telah dicampur minyak sayur hingga habis.
  • Tuangkan adonan ke dalam Loyang persegi berukuran 18×18 atau loyang khusus brownies
  • Kukus selama kurang lebih 25-30 menit, jika tidak yakin akan kematangannya cek dengan metode tusuk memakai tusuk sate. Ciri kue matang adalah tidak meninggalkan adonan basah saat ditusuk dengan tusukan. Angkat
  • Olesi butter cream dan taburkan keju di atasnya. Jika Anda menginginkan topping yang lebih cantik bisa ditempelkan buah cerry atau strawberry di atas butter cream hias.

Cara membuat butter cream:

  • Larutkan gula pasir halus dengan 2 sendok makan air panas, fungsinya agar gula larut dengan cepat. Aduk dan tunggu hingga semua larut dan dingin.
  • Kocok mentega putih hingga putih pucat. Masukkan gula halus yang telah dingin lalu mixer dengan kecepatan sedang hingga semua tercampur rata, kurang lebih sekitar 5 menit.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE