Resep Cake : Cara Membuat Chiffon Cake Lembut

chiffon cakeChiffon Cake memiliki tekstur yang halus, lembut dan ringan seperti halnya busa atau sponge. Untuk mendapatkan chiffon cake yang lembut kuncinya adalah harus menggunakan tepung terigu berprotein rendah dan telur yang masih fresh agar hasil chiffon mengembang dengan maksimal. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Intip yuk resep chiffon cake lembut di bawah ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

8 butir telur (pisahkan kuning dan putih telurnya)
190 gram gula halus
95 gram tepung terigu
55 gram tepung maizena
45 gram margarin (lelehkan dan dinginkan), bisa diganti dengan minyak sayur/goreng
1 sdt perasa vanili
ΒΌ sdt cardamom bubuk (opsional)

Cara membuat:

  • Siapkan Loyang cake dengan garis tengah (diameter) 26 cm, olesi dengan margarin, taburi dengan tepung terigu, dan lapisi dasar Loyang dengan kertas roti.
  • Siapkan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  • Dalam wadah, kocok kuning telur selama 2 menit.
  • Masukkan gula halus dan kocok kembali dengan mixer di kecepatan tertinggi, hingga mengembang dan berwarna kuning pucat. Matikan mixer.
  • Dalam wadah lainnya, kocok putih telur hingga kaku dan mengembang baik dengan mixer.
  • Tuang kocokan adonan kuning telur ke dalam kocokan putih telur. Aduk sebentar perlahan dengan spatula hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu, maizena, vanili, dan candamom bubuk dengan cara diayak. Aduk kembali perlahan hingga rata.
  • Terakhir, masukkan margarin dan aduk lagi.
  • Setelah bercampur, tuang dalam Loyang dan panggang dalam oven kurang lebih 45 menit hingga permukaannya kuning kecokelatan dan matang.

Tips Membuat Chiffon Cake

Pada dasarnya, chiffon cake dibuat dengan komposisi telur jauh lebih banyaj dibandingkan tepung terigu. Saat pengocokan telur, putih telur dan kuning telurnya harus dipisah. Teksturnya yang mengembang didapat dari putih telur yang dikocok hingga berbusa dan kaku (soft peak). Stabilitas adonannya yang kaku karena pemakaian Cream of Tartar dan gula, juga ada penambahan Soda Kue dalam beberapa resep.

Pada reserp yang menggunakan Cream of Tartar, jika Anda tidak menemukannya di took kue terdekat Anda bisa menggantinya dengan Citrun 1/2 sdt. Dalam pembuatannya, pakailah minyak goreng/sayur, bukan margarine/lemak padat.

Sebaiknya, membuat chiffon cake menggunakan loyang bongkar pasang dan bolong di tengah agar hasilnya nanti mudah saat dikeluarkan dan tidak rusak. Loyang boleh tidak di olesi, kerena tekstur cakenya yang ringan dan menyerap cairan. Perhatikan Loyang yang dipakai, sesuaikan ukuran dengan adonan yang dibuat, tuang adonan 3/4 bagian.

Dalam pembuatannya, gunakan telur segar, dimana cirinya salah satunya adalah bagian putih telurnya masih kental. Wadah pengocokan putih telur dan mixer-nya harus bebas dari minyak, kuning telur, juga air. Pengadukan adonan harus dilakukan dengan cara aduk balik (fold). Setelah matang, Loyang Chiffon Cake harus segera dibalik dan dinginkan. Setalah dingin, Chiffon Cake baru dapat dikeluarkan dari loyang dengan bantuan pisau tajam. Lakukan gerakan berjalan memutar atau memutari loyang satu arah, agar kulit Chiffon mulus.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE