Resep: Cake Tiramisu Kukus Praktis & Ekonomis!

tiramisu kukus, resep tiramisu, resep tiramisu cake, resep tiramisu kukus, tiramisu kukus, cara membuat tiramisu, resep kue tart, aneka kue kukus, aneka resep kue kukus, cara membuat kue kukus, cara membuat kue tart, resep kue kukus sederhana, cara membuat cake, resep cake kukus, cara membuat krim kueSajian cake tiramisu yang berjejerr di toko-toko kue sering membuat Anda ngiler? Hmm, coba buat sendiri di rumah yuk dengan sedikit modifikasi tentunya. Tiramisu sendiri merupakan kue keju khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini dijadikan sebagai hidangan penutup yang dimakan dengan sendok. Ciri khas dari cake tiramisu ini sebenarnya adalah perpaduan dari tekstur kue yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Bahan utama dari resep asli Tiramisu adalah biscuit Savoiardi, telur ayam, gula, kopi dan bubuk kakao.

Resep cake Tiramisu di bawah ini merupakan hasil modifikasi sehingga resepnya tentu sangat berbeda dengan resep asli. Hasil dari cake Tiramisu ini lebih cenderung kepada tekstur bolu yang empuk dan kering saat disantap, tidak menghasilkan resep cake yang basah seperti aslinya. Proses pembuatannya pun adalah dengan cara dikukus, sedangkan resep asli cake Tiramisu seperti pudding biscuit yang tanpa proses pengukusan maupun pemanggangan. Penasaran seperti apa resepnya? Yuk, siapkan bahan-bahan berikut!

Bahan yang dibutuhkan:
6 butir kuning telur
2 butir putih telur
200 gram gula pasir
200 gram tepung terigu
25 gram susu bubuk (1 sachet susu bubuk instan)
1 sdt emulsifier (sp/tbm)
½ sdt baking powder
125 ml minyak sayur
2 sachet santan cair instan ukuran kecil
1 sachet kopi rasa moccacino atau cappuccino
Keju parut secukupnya
Bubuk Kakao secukupnya
Whipped Cream untuk hiasan (jika dibutuhkan)

Cara Membuat:

  1. Kocok kuning telur, putih telur, gula dan emulsifier bersamaan hingga terlihat putih pucat dan kental berjejak.
  2. Satukan susu bubuk dan baking powder ke dalam terigu. Lalu ayak ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil sesekali dituang minyak sayur dan santan cair hingga habis dengan kecepatan mixer paling rendah atau dengan menggunakan spatula. Aduk hingga rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, adonan yang satu biarkan putih, adonan satu lagi tambahkan bubuk kopi instan.
  4. Tuang adonan rasa kopi instan ke dalam Loyang yang sudah diolesi margarin atau minyak sayur, lalu kukus selama 10 menit.
  5. Setelah 10 menit, angkat lalu beri taburan keju secukupnya (tanpa mematikan api kompor), lalu tuangkan adonan putih (original). Kukus kembali selama 20-25 menit.
  6. Setelah selesai, angkat dan tunggu hingga hangat. Lalu balikkan ke dalam piring saji.
  7. Hias bagian atas cake dengan whipped cream dan taburan bubuk kakao (jika suka), atau bisa juga dengan pasta coklat yang ditambahkan potongan buah-buahan (sesuai selera).
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE