Resep: Cara Membuat Air Kaldu Homemade Yang Jernih & Kental

kalduayam, kaldu ayamMeskipun banyak merk kaldu instan beredar di pasaran, namun air kaldu buatan sendiri (homemade) di rumah tentu lebih nikmat dan terjamin kesehatannya. Rasa yang jauh lebih sedap serta terbebasnya kaldu dari bahan campuran kimia dan pengawet menjadi pertimbangan besar untuk dikonsumsi bersama keluarga. Pengalaman seru saat membuatnya juga menjadi hal berharga yang sayang untuk dilewatkan ya Moms?

Perbedaan antara air kaldu buatan sendiri dan kaldu instan dari segi rasa tentunya lebih gurih dan nendang. Anda bisa memanfaatkan air kaldu ini sebagai bahan tambahan penyedap masakan alami untuk berbagai macam hidangan seperti sayur sop, kuah daging, hingga bahan tambahan penunjang MPASI untuk si kecil.

Agar hasil air kaldu semakin mantap, Anda bisa menambahkan potongan tulang sapi yang diambil dari bagian paha serta beberapa tulang ayam yang diambil dari bagian punggung, sayap atau kepala. Tulang belulang pada bagian-bagian tersebut mengandung lemak dan gelatin yang biasanya berada di dalam jaringan antar sendi, yang akan membuat rasa kaldu menjadi lebih enak gurih. Hal ini juga menjadi faktor penting kekentalan air rebusan kaldu.

Membuat air kaldu homemade ternyata cukup mudah Moms, proses nya pun sederhana tanpa ribet. Mantapnya lagi, hasil akhir air kaldu ini pekat sehingga Anda bisa mengencerkannya dengan menambahkan air ke dalamnya saat memasak. Nah, penasaran seperti apa resep cara membuat air kaldu yang jernih dan kental? Ini dia resepnya.

Resep untuk 2 liter air kaldu

Bahan-bahan:
2 kg tulang sapi, potong-potong menjadi ukuran yang muat masuk ke dalam panci
4 buah sayap ayam
500 gram tulang belulang ayam (seperti bagian punggung dan belakang ayam)
1 buah bawang bombay, belah menjadi 4 bagian
5 siung bawang putih, pipihkan
4 tangkai daun bawang, potong sepanjang 3 cm
2 liter air untuk merebus, tambahkan jika air berkurang selama perebusan

Cara membuat:

  • Masukkan tulang sapi dan ayam ke dalam panci atau kuali berukuran besar.
  • Tambahkan air hingga semua tulang terendam lalu rebus dengan api sedang hingga mendidih.
  • Setelah beberapa saat, akan muncul busa dan kotoran yang mengapung di permukaan air rebusan. Di tahap ini, Anda hanya perlu merebusnya hingga air mendidih saja untuk mengeluarkan kotoran darah dan busa. Matikan api.
  • Angkat rebusan tulang lalu buang air rebusan dengan cara menyaring tulang di penyaringan besar atau wadah berlubang.
  • Cuci bersih tulang satu persatu dengan air mengalir agar sisa-sisa kotoran yang menempel terbuang
  • Masukkan kembali ke dalam panci lalu tambahkan air hingga semua bahan terendam. Masukkan semua rempah-rempah.
  • Rebus dengan api kecil minimal selama 4 jam hingga air kaldu berwarna kuning keemasan dan kental (tidak perlu diaduk-aduk). Jika air berkurang tambahkan air kembali hingga mencapai 2 liter. Hindari penggunaan api besar saat proses membuat kaldu karena akan merusak gizi dan rasa kaldu itu sendiri.

Note:

Untuk mengurangi lemak pada air rebusan kaldu, Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas (chiller) hingga lemak tampak membeku dan mengapung di permukaannya. Saring kaldu dan buang lemaknya. Masukkan kaldu ke dalam plastik-plastik kecil atau ice tray untuk membuat es batu. Bekukan di freezer dan siap digunakan setiap saat Anda membutuhkan kaldu untuk menyedapkan aneka masakan. Selamat mencoba! ^^

Source: justtryandtaste.com

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE