Resep Cara Membuat Cendol Jelly: Mudah & Murah Meriah

cendolSalah satu makanan khas yang selalu ada di bulan Ramadhan adalah Cendol. Minuman ini selalu dijadikan menu takjil oleh sebagian orang dari berbagai kalangan, tak heran jika banyak pedagang yang menjajakan Cendol di pinggir-pinggir jalan raya saat bulan Ramadhan. Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah cair (kinca), santan dan serutan es batu. Rasanya manis dan gurih.

Cendol sendiri merupakan minuman tradisional khas Indonesia, minuman ini populer dengan nama cendol yang diperkirakan berasal dari kata jendol karena tekstur yang terasa sat memakannya. Di Jawa Tengah sendiri, Cendol populer dengan nama Es Dawet sedangkan nama Cendol populer di kalangan masyarakat Sunda. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Es Cendol sendiri di rumah dengan bahan yang mudah dan murah meriah, kini Anda bisa memanfaatkan serbuk Jelly. Proses pembuatannya pun sangat mudah, seperti yang terrangkum di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan:
1 bungkus serbuk jelly instan (Nutrijell), bisa memilih warna hijau agar terlihat seperti Cendol atau sesuai selera
4 sendok makan tepung beras
500ml air
1,5 liter air es

Perlengkapan:
Wadah
Cetakan Cendol atau saringan alumunium
Sendok

Cara Membuat:

Pertama, masukkan nutrijell dengan tepung beras ke dalam panci yang bersih, lalu tuangkan air 500ml dan aduk rata.

Kedua, masak bahan yang tadi di atas kompor dengan api kecil hingga mendidih dan mengental, matikan.

Ketiga, tuang air es ke dalam wadah.

Keempat, ambil satu sendok makan adonan cendol ke dalam saringan di atas wadah yang berisi air es agar adonan yang jatuh langsung membentuk dengan baik dengan cara ditekan-tekan menggunakan sendok. Lakukan hingga adonan habis.

Selesai, hidangkan dengan menambahkan kinca dan santan.

Cara membuat kinca:

Didihkan 4 gelas air matang dicampur dengan 8 sendok makan gula pasir dan 2 batang gula merah yang telah disisir halus. Tambahkan 1 helai daun pandan ke dalam air rebusan. Matikan saat air kinca sudah mendidih.

Untuk membuat santan, Anda bisa menggunakan air perasan dari parutan kelapa asli yang didihkan atau menggunakan santan kelapa instan yang tersedia di warung atau supermarket. Cendol Jelly lebih mudah dibuat oleh siapa saja, selain mudah juga menyehatkan karena jelly mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Untuk menambah rasa nikmat, hidangan Es Cendol bisa ditambahkan pacar cina atau sekoteng. Selamat mencoba!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE