Resep: Cara Membuat Dodol Tomat Enak Murah Meriah

765593_00b06fad-8629-48c4-983d-eea252398c74 (1)Tomat merupakan salah satu tumbuhan dengan warna buah yang beragam, ada yang hijau, kuning, merah, jingga ada juga yang berwarna ungu (hitam) dan belang-belang. Tomat bisanya dikonsumsi sebagau sayur dalam masakan atau juga kadang dimakan langsung tanpa proses (mentah). Menurut Wikipedia, tomat berasal dari bahasa Nahuati “tomatl”. Tanaman tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan dan menyebar melalui koloni-koloni yang membawa tomat ke Negara Filipina sebagai titik awal penyebarannya di wilayah Asia.

Tomat tidak hanya sebagai pelengkap makanan saja, tapi kini sudah berkembang luas manfaatnya untuk dijadikan penunjang kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat tomat untuk kecantikan adalah mampu mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya akan kandungan vitamin C.

tomat

Sebagai camilan, tomat juga sering diolah menjadi manisan dan dodol. Dodol adalah sejenis camilan yang dibuat dari buah-buahan dan gula yang dimasak di atas api hingga kadar airnya berkurang cukup banyak (mengental). Buah tomat ini juga bisa diolah menjadi sebuah dodol yang enak, rasanya manis dan asam yang timbul dari kandungan alami tomat.

Dalam membuat dodol, membutuhkan gula pasir sebagai pemanis sekaligus sebagai pengental adonan dodol. Namun, pada resep buahatiku kali ini cara membuat dodol tomat sedikit berbeda dari resep nenek moyang biasanya karena hanya menggunakan sedikit pemanis atau gula saja. Nah, penasaran seperti apa resepnya? Yuk, intip apa saja bahan-bahannya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

500 gram buah tomat
200 gram gula pasir (sesuai selera)
1 ruas jari jahe parut
1 sachet agar-agar (tanpa warna/bening)

Cara membuat:

  1. Parut tomat langsung di atas wajan/kuali. Selain dengan metode parut, Anda juga bisa memblender tomat, caranya potong-potong tomat agar kandungan air di dalamnya keluar. Jika Anda memilih dengan metode blender, pastikan untuk tidak menambahkan air putih ke dalamnya karena tomat sudah mengandung banyak air.
  2. Masukkan parutan jahe dan gula pasir. Anda bisa mengurangi banyaknya gula yang dimasukkan jika dirasa terlalu manis. Untuk mengetahui apakah gula nya cukup atau tidak, masukkan gula sedikit demi sedikit saat adonan dimasak. Jika dirasa sudah pas, tidak terlalu manis, Anda tidak perlu memasukkan gula pasir semuanya.
  3. Masak di atas api besar dan terus aduk menggunakan sodet kayu.
  4. Masukkan agar-agar saat adonan sudah meletup-letup. Aduk terus kembali.
  5. Matikan api saat adonan dirasa sudah mengental.
  6. Untuk menghindari pembekuan adonan dengan cepat, segera bungkus adonan dengan plastik sesuai selera.
  7. Siap dihidangkan. 500 gram tomat bisa menjadi 25 bungkus dodol ukuran sedang.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE