Resep: Cara Membuat Siomay Ayam Wortel Kukus

siomay ayam, resep masakan, resep masakan nusantara, aneka resep masakan, resep masakan jawa, resep masakan tradisional, resep kue, resep kue keringSiomay termasuk ke dalam salah satu jenis dimsum, yang berasal dari bahasa Mandarin yakni Shaomai. Siomay pada resep aslinya menggunakan bahan daging babi yang dibungkus dengan kulit tipis dari tepung terigu yang kita kenal sebagai kulit pangsit. Namun karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah orang muslim, maka daging babi diganti dengan daging ayam, ikan tenggiri, udang, kepiting dan daging sapi.

Gurih dan legitnya siomay ini memiliki banyak penggemar, apalagi jika disantap dengan saus kacang yang pedas manis. Siomay juga biasa disantap dengan campuran sayuran seperti wortel dan kacang polong. Jika Anda ingin mencoba membuat dan menikmatinya di rumah, mungkin Anda bisa mencoba resep Siomay Ayam Wortel Kukus ala catatan nina berikut ini.

Bahan :
200 gr fillet ayam, giling halus
(aku giling dengan sedikit air menggunakan blender)
3 buah wortel ukuran sedang, potong dadu kecil
5 sdm tepung kanji / sagu
(bisa ditambahkan bila suka yang lebih padat atau kenyal)
1 butir telur, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris halus
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm kecap asin
1 sdt minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
10 lembar kulit lumpia
(aku pakai ukuran kecil 12×12 cm)
Taburan (optional) :
1 buah wortel, serut halus

Cara Membuat :
– Panaskan kukusan hingga beruap banyak.
– Siapkan cetakan, oles tipis dengan minyak (bisa memakai cetakan cup cake, bisa juga memakai cetakan plastik bolu kukus).
– Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata.
– Tata kulit lumpia/kulit pangsit di cetakan, tuang adonan secukupnya dan beri taburan. Lakukan hingga semua habis.
– Kukus hingga matang selama kurang lebih 25 menit.
– Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal atau bumbu kacang.

siomay ayam dicocol, resep kue basah, resep kue bolu, resep kue sus, resep makanan, resep masakan ikan, resep ikan bakar, resep ayam, resep ayam bakar, resep soto ayam, resep mie ayam, resep brownies kukus, resep bolu kukus, resep sayur, resep sayur asem, resep batagor, siomay, siomay bandung, resep tahu, resep roti, resep cake, resep nastar, resep es krim, resep bolu, resep brownies, resep pempek, resep udang, resep mie goreng, resep risoles, resep martabak manis, resep cumi, resep soto, resep rendang, resep rawon, resep nasi uduk, resep pizza, resep pancake, resep siomay

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE