Resep: Cara Membuat Stik Bawang Seledri Renyah ala Rumahan

stik bawang, resep stik bawang, stik bawang, cara membuat stik bawang, resep stik keju, resep stik kentang, resep sistik, cara membuat sistik, cara membuat stik keju, cara membuat stik kentang, resep kue bawang renyah, kue bawang renyah, stik keju, stik kentangStik bawang, salah satu camilan tradisional ini menjadi favorit semua kalangan. Bagaimana tidak, camilan ini cara membuatnya gampang-gampang susah, tapi rasanya seolah membuat lidah tak ingin berhenti mengunyah. Stik bawang ini juga sering dijadikan camilan wajib saat hari raya Idul Fitri, di kampung-kampung makanan ini harus selalu disajikan saat hari raya.

Meskipun saat ini sudah banyak orang yang membuat berbagai macam variasi dan rasa stik bawang, namun resep tradisional untuk camilan renyah ini masih menjadi primadona. Cita rasa gurih dan renyah merupakan ciri khas dari kue yang diolah dengan digoreng ini, kue ini juga bisa dikreasikan dengan beragam bentuk seperti halnya keripik bawang walau dengan resep yang sama, sedangkan pada kali ini adalah berupa stik. Pelengkap daun seledri di adonannya akan semakin menambah kuat wangi dan rasa dari stik bawang seledri ini. Penasaran bagaimana cara membuat kue Stik Bawang Seledri renyah dan gurih ala Buahatiku? Simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

500 gram tepung terigu serbaguna
1 butir telur
5 siung bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
Garam dan penyedap rasa sesuai selera
1 sdm margarin
5 batang daun seledri yang diiris tipis
Air matang secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat:

  • Tuangkan tepung terigu dalam wadah besar, masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, daun seledri yang telah diiris, dan telur yang telah dikocok lepas. Aduk sebentar.
  • Masukkan air matang (suhu normal) sedikit demi sedikit, aduk hingga benar-benar kalis. Jika terasa lengket di tangan, artinya adonan kelebihan air. Untuk mengatasinya taburkan sedikit tepung terigu (secukupnya) agar kalis sempurna.
  • Bentuk bulat pipih dengan berat sekitar 10 gram untuk memudahkan proses penggilingan dengan mesin stik/mie.
  • Jika sudah selesai, mulai giling adonan hingga pipih, dengan ketebalan sedang (stel di angka 2 atau 3). Lakukan penggilingan sebanyak 2x.
  • Potong adonan menjadi 2 bagian atau lebih.
  • Mulai bentuk adonan yang telah dipoting dengan cetakan stik yang sudah tersedia pada mesin stik.
  • Goreng adonan di minyak yang telah dipanaskan sebelumnya di atas api sedang dengan minyak yang banyak.
  • Goreng sampai kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
  • Sajikan kue stik bawang seledri dan simpan di wadah kedap udara agar awet dan tetap renyah.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE