Resep: Cara Membuat Tongseng Daging Kambing Pedas

TongsengTongseng merupakan makanan sejenis gulai yang dibuat dengan bumbu-bumbu yang lebih “tajam”. Perbedaan tongseng dengan sop daging lainnya adalah terletak pada penggunaan dagingnya, dimana Tongseng dibuat dengan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang.

Pada umumnya, Tongseng menggunakan daging kambing, tetapi ada pula Tongseng daging sapi dan kerbau. Sebagai bahan tambahan, biasanya sayuran seperti kol, bawang putih, tomat, dan kecap dimasukkan ke dalam kuah kental Tongseng. Bumbu hidangan ini berupa bumbu oseng-oseng yang terdiri dari campuran garam, bawang putih, kecap, dan lada. Biasanya tongseng dijual bersamaan dengan sate kambing. Tongseng telah dianggap sebagai makanan khas daerah Solo dan sekitarnya, namun adapula variasi Tongseng daging suir tahu dari Kebumen.

Sejarah

Tongseng sendiri merupakan masakan asli Indonesia yang hadir karena adanya akulturasi budaya. Pada masa abad 18-19-an, Indonesia menjadi titik temu dari berbagai bangsa di dunia, khususnya India dan Timur Tengah untuk berdagang, menyebarkan agama dan lainnya. Mulai dari sinilah, mereka pun membawa kebiasaannya, salah satu kebiasaannya yaitu menikmati sajian daging kambing yang sangat mereka gemari. Berabad-abad kemudian, beberapa daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogya, lanjut Ari, mulai memasak dan menjual berbagai macam hidangan kambing, di mana kreasi pertamanya ialah sate kambing. Karena sate menggunakan daging dan hati kambing, sisanya, yaitu jeroan dan tulang kemudian diolah menjadi gule atau gulai kambing, yang dimasak dengan rempah santan.

Sekitar tahun 1950-1969-an banyak orang yang berjualan sate dan gule. Dari sana, mereka pun mulai terinspirasi untuk mengolah hidangan baru. Ada dua komponen utama, yakni yang pertama dagingnya dari sate dan kedua kuahnya menggunakan kuah gule yang disatukan dengan bumbu dan kecap manis serta sayuran. Perpaduan inilah yang kemudian melahirkan hidangan Tongseng yang kini menyebar ke banyak daerah di Indonesia.

Tongseng dimasak dengan beragam bumbu dan dimodifikasi di setiap daerah, tapi tetap berakar dengan cita rasanya yang otentik. Seperti tongseng pedas yang dilengkapi dengan cabai rawit, tongseng kicik khas Jogja yang kering tak berkuah hingga tongseng dengan rasa klasik yang asli.

Bagaimana, Anda penasaran ingin mencoba membuat Tongseng Daging Kambing? Ini dia resepnya:

Bahan

400 gram daging kambing
2 lembar daun salam
1000 ml (1 liter) air
800 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, diambil putihnya, memarkan
150 gram kol, potong kotak
2 batang daun bawang, potong cacah sepanjang 2 cm
1 buah tomat merah, potong-potong
3 siung bawang merah, iris tipis-tipis
4 buah cabai rawit merah, potong cacah sepanjang 2 cm
2 1/2 sendok makan kecap manis
4 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus

3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir lada
3 buah kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
2 cm jahe
1 sendok teh ketumbar
1 1/2 sendok teh garam

Cara memasak:

  1. Rebus daging kambing dan daun salam dalam air mendidih, tunggu sampai daging matang. Angkat dan buang airnya, potong-potong dagingnya menjadi potongan kecil-kecil.
  2. Rebus santan, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sambil diaduk, tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, cabai rawit merah dan daging kambing sampai harum.
  4. Tambahkan kol ke dalam tumisan, tumis kol hingga layu.
  5. Masukkan kecap manis, aduk rata.
  6. Tuang kuah santan, tunggu hingga mendidih.
  7. Setelah kuah santan mendidih, tambahkan daun bawang dan potongan tomat, masak hingga matang, sajikan hangat.

Untuk 4 porsi

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE