Resep: Cara Mudah Membuat Donat Kentang Empuk & Menul

donat kentang, cara buat donat, cara buat donat kentang, resep buat donat, cara membuat kue donat, cara bikin kue donat, cara bikin donat, resep bikin donat, bikin donat, resep kue donat kentang, cara membuat donat lembut, cara buat donat lembut, resep donat lembut, cara membuat donat goreng, resep donat goreng, resep membuat donat, resep kue donat, cara bikin donat kentang, toping donat, cara membuat toping donat, resep donat praktis, resep donut, resep donat kentang spesial, cara membuat donat sederhana, resep donat sederhana, resep donat kentang sederhana, cara buat donut, resep masakan kentang, resep donat empuk, resep kentangDonat atau Doughnat merupakan makanan yang terbuat dari adonan utama terigu, telur, gula, dan mentega dan diproses dengan cara digoreng. Umumnya, bentuk donat adalah bundar seperti cincin dengan lubang di tengah yang disajikan dengan rasa manis dan berbagai topping. Meskipun asal-usul donat masih menjadi perdebatan, tetapi salah satu teori mengatakan bahwa donat dibawa ke AMerika Utara oleh Imigran Belanda yang juga mempopulerkan hidangan penutup lain seperti kue kering, pai krim dan pai buah (cobbler).

Saat ini, Anda bisa mendapatkan aneka jenis donat berbagai varian rasa yang menjadi toppingnya dengan harga yang murah meriah. Namun, dibalik menjamurnya produk donat di pasaran, bukan hal yang tidak mungkin banyak penjual nakal yang membuat donat dengan bahan-bahan yang berbahaya. Seperti penggunaan mentega yang sudah kadaluarsa, minyak yang dicampur dengan lilin agar donat terlihat menarik dan awet hingga berhari-hari, dan perilaku mengerikan lainnya yang membahayakan kita sebagai konsumen. Belum lagi jika adonan memakai campuran bahan yang tidak halal.

Jika Anda ingin mengonsumsi donat yang aman dan sehat, taka da salahnya jika Anda mulai belajar bagaimana cara membuat donat. Salah satu resep paling favorit di kalangan pecinta kuliner adalah varian donat kentang yang memiliki tekstur lembut dan berisi. Cara membuat donat kentang sangatah mudah, resep donat kentang empuk atau cara membuat donat empuk dan menul-menul dari NCC ini bisa Anda praktekkan di rumah bersama si kecil saat hari libur.

Bahan-bahan membuat donat:

500 gram tepung terigu protein tinggi (contoh: Cakra Kembar)
50 gram susu bubuk
11 gram ragi instant
200 gram kentang
50 – 100 ml air dingin
100 gram gula pasir
75 gram mentega
1/2 sendok teh garam
2 butir telur, kocok lepas (resep asli 4 butir kuning telur)

Cara Membuat:

  • Kupas kentang, lalu potong-potong dan kukus hingga empuk dan matang. Haluskan dengan menggunakan blender lalu dinginkan. Jika Anda merasa repot dengan hal ini, Anda bisa menggunakan kentang flake (siap saji) yang hanya tinggal diseduh dengan air panas/hangat.
  • Siapkan mangkuk besar, lalu masukkan bahan kering (tepung terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk), aduk hingga benar-benar rata.
  • Masukkan kentang halus, air dan telur kocok, uleni adonan hingga rata dan agak kalis.
  • Masukkan mentega dan garam. Uleni adonan hingga benar-benar kalis. Taburi tepung sedikit demi sedikit jika adonan dirasa terlalu basah.
  • Jika adonan telah kalis (ditandai dengan adonan kenyal, elastis, smooth dan mudah dibentuk sesuka kita tanpa lengket sama sekali), bentuk adonan menjadi bola besar.
  • Lumuri permukaan wadah dengan minyak goreng, lalu letakkan adonan dan tutup wadah dengan kain lap bersih. Istirahatkan adonan hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Adonan akan mengembang dengan cepat jika keadaan ruangan memiliki suhu hangat, dan akan lebih lama jika adonan dalam suhu sejuk. Jika Anda tinggal di daerah sejuk, agar memiliki adonan yang mengembang dengan sempurna dan cepat, bisa menggunakan teknik penguapan. Caranya tempatkan wadah adonan yang ditutupi lap ke dalam oven tangkring, lalu masukkan air panas dalam panci kecil atau baskom yang ditempatkan di bawah adonan, lalu tutup open hingga adonan sudah dirasa mengembang 2x lipatnya.
  • Jika sudah mengembang sempurna, kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu uleni sekali lagi kurang lebih selama 5 menit.
  • Bagi adonan masing-masing dengan berat 50 gram. Bulatkan adonan dengan cara menggelindingkannya pada kedua telapak tangan hingga permukaannya licin dan halus.
  • Tata bulatan-bulatan adonan pada loyang yang telah ditaburi tepung, tutup dengan kain bersih dan istirahatkan kembali hingga mengembang 2 kali lipat.
  • Cetak adonan menggunakan cetakan donat, jika tidak punya Anda bisa menggunakan jari tangan untuk membuat lubang di tengah adonan.
  • Goreng adonan yang telah dicetak di dalam minyak yang banyak, gunakan api kecil agar adonan mengembang dengan baik dan tidak cepat gosong. Matikan api jika minyak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas akan membuat donat tidak mekar sempurna alias tidak matang sempurna karena donat yang menggunakan ragi butuh proses pematangan yang cukup lama.
  • Tiriskan donat dan serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Taburi kue donat dengan gula halus atau celupkan dalam dark chocolate atau white chocolate yang telah ditim. Hias sesuka hati dan sajikan.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE