Resep Dasar: Cara Membuat Adonan Kulit Pie & Quiche Renyah

kue piePie adalah jenis pastry yang populer di Amerika, hidangan yang dipanggang ini konon ditemukan sejak jaman Mesir kuno. Pada jaman Romawi dan pada abad pertengahan, pie digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembap selama dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi. Bahan kulit pastry ini keras dan padat, terbuat dari tepung terigu, suet (lemak daging sapi), telur dan bahan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan dunia kuliner dan resep roti, lambat laun kulit pie pun diciptakan sedemikian rupa dengan isian yang beragam salah satunya buah-buahan.

Hidangan pie menjadi populer di kalangan pecinta kuliner, terlebih setelah dikenalnya pie susu dan buah-buahan. Terbukti, dalam berbagai acara resmi maupun keluarga hidangan ini kerap disajikan. Mmebuat pie, gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda menginginkan kulit pie yang renyah, komposisi tepung terigu dalam adonan harus pas dengan adonan lainnya.

Saat ini, untuk memudahkan Anda yang ingin membuat kue pie sendiri di rumah, adonan kulit pie atau shortcrust instan siap olah sudah banyak beredar di pasaran. Namun, tidak ada salahnya membuat adonan dasar kulit pie sendiri, bukan? Yuk, intip bagaimana cara membuat adonan kulit pie yang renyah dan lumer di mulut!

Bahan dasar:

250 gram tepung terigu
½ sdt garam
125 gram mentega tawar beku/dingin (bisa menggunakan campuran margarin butter, contoh: Royal Palmia Butter Margarine)
3 sdm air dingin

Cara Membuat Adonan:

  • Campur jadi satu: tepung terigu, mentega, garam, aduk dengan pisau pastry hingga adonan berbentuk butiran kecil.
  • Tuangi air dingin sambil diaduk dengan ujung jari hingga adonan terampur rata. Uleni adonan di atas permukaan rata (idealnya talenan marmer) yang sudah ditaburi tepung terigu, hingga adonan tidak lagi melekat di tangan/kalis.
  • Bulatkan adonan, bungkus dengan plastic atau kain lembab, dinginkan dalam lemari es selama 20 menit.
  • Adonan siap digunakan.
kue pie cara
Photo: bundatwinskitchen

Cara Membuat Kulit Pie & Quiche:

  1. Ambil adonan sesuai ukuran cetakan. Padatan adonan, bentuk adonan menjadi bulat.
  2. Letakkan pada dasar cetakan, lalu ratakan ke seluruh permukaan cetakan, sambil ditekan-tekan dengan ibu jari.
  3. Setelah adonan kulit terpasang pada cetakan, tusuk-tusuk bagian dasarnya dengan garpu, agar adonan tidak menggelembung dan pecah ketika dipanggang.
  4. Susun pada loyang panggang dan panggang dengan oven hingga matang, dengan api kecil.
Photo: Rini Baking
Photo: Rini Baking

Mengenal Aneka Cetakan Pie & Tips Saat Membuatnya

  • Cetakan mini dengan bentuk bundar, oval atau persegi, dengan dinding rata ataupun bergelombang/bergerigi
  • Cetakan besar, berbentuk bundar, pendek, bergerigi maupun tidak. Diameter cetakan berkisar 20-22 cm
  • Bila menggunakan cetakan besar, sebaiknya pilih jenis springform/bongkar pasang, agar setelah matang mudah dikeluarkan (tidak khawatir hancur)
  • Sebelum diisi adonan dasar pie, selalu lapis bagian dasar cetakan dengan mentega, sehingga dasar kue tidak berkerak selagi dipanggang.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE