Resep: Es Lolipop Alpukat Dengan Daun Tarragon

es lolipop alpukatAlpukat merupakan salah satu dari sekian jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan, tak jarang buah alpukat banyak dicampurkan dengan berbahan jenis makanan maupun minuman. Ada yang dibuat selai untuk roti, pudding, campuran sop buah atau es campur hingga menjadi sebuah cake yang lembut. Alpukat memiliki daging buah yang lembut dengan rasa manis yang pas, warnanya yang kuning kehijauan memiliki manfaat yang besar untuk tubuh karena mengandung serat yang tinggi dan baik juga untuk kesehatan kulit. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen. Semua nutrisi inilah yang akan membantu menyehatkan kulit Anda dari waktu ke waktu. Buah alpukat juga cocok sebagai M-PASI awal untuk bayi yang dihidangkan menjadi puree alpukat. Selain mudah dicerna di mulut juga mudah dicerna oleh sistem pencernaannya karena alpukat memiliki tekstur yang lembut.

Alpukat, selain menjadi hidangan berbagai makanan dan minuman juga bisa dibuat Es Lolipop, lho. Lembutnya alpukat dan warnanya yang hijau akan sangat menyegarkan saat disantap di tengah hari yang terik. Resep Es Lolipop ini menggunakan bahan tambahan daun tarragon, sejenis Adas yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, daun tarragon dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi, sehingga penambahan tarragon di dalam es lolipop ini diharapkan tidak akan menimbulkan sakit pada gigi Anda saat menyantapnya. Jika tidak ada daun tarragon, Anda juga bisa menggantinya dengan daun mint yang akan menambah rasa segar saat disantap atau tidak menambahkannya sama sekali, hal ini tidak akan menjadi masalah. Berikut ini adalah tips membuat Es Lolipop Alpukat dengan daun tarragon.

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 buah Alpukat
2 buah jeruk nipis sedang
1 ½ gelas sirup gula
¾ gelas santan segar
20 helai daun tarragon/daun mint segar

Cara Membuat Es Lolipop Alpukat dengan daun Tarragon:

  • Ambil 20 helai daun tarragon/daun mint lalu remas perlahan dengan menuangkan sedikit sirup gula ke telapak tangan untuk melepaskan minyak esensial yang ada di dalamnya.
  • Setelah daun tarragon/daun mint diremas-remas, tambahkan sisa sirup gula tadi, sisihkan.
  • Haluskan buah alpukat dengan cara diblender bersama dengan hasil perasan jeruk nipis.
  • Campurkan jus alpukat, santan dan sirup gula yang telah dicampur remasan daun tarragon/daun mint hingga mencapai 3 cangkir adonan.
  • Jika ingin tampilan es lolipop terlihat eksotis, berikan sedikit ruang untuk menuang santan pada cetakan es loli. Anda bisa menuangkan santan yang telah diolah terlebih dahulu dan diberi sedikit gula agar terasa manis di bagian atas setelah adonan es lolipop alpukat dituangkan. Sebelum santan dituang di atas adonan es alpukat, pastikan adonan es lolipop tersebut setengah membeku agar adonan santan tidak turun ke bawah tercampur dengan adonan utama. Berikan sedikit ruang di bagian atas 1/8 bagian saja dari cetakan.
  • Masukkan adonan ke dalam lemari es hingga membeku sempurna sebelum siap disantap. Selamat menikmati!
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE