Resep Kue Basah: Apem Putih Telur

Kue Apem kukus, resep kue basah kukus, kue basah kukus, resep kue basah, cara buat kue basah, resep apem kukus, resep kue apem kukus, resep kue pisang, resep kue pisang kukus, mangkok, cara buat kue lapis, cara bikin kue lapis, kue basah tradisional, resep kue basah tradisional, resep kue tradisional, cara membuat kue tradisional, lapis legit, kue lapis legit, cara membuat kue lapis, resep kue lapis, resep kue mangkok, kue mangkok, cara membuat kue mangkokKue Apem adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam ke dalam adonan hingga akhirnya dipanggang dengan cetakan berbentuk bulat pipih. Konon, kue ini berasal dari India namun istilahnya dipengaruhi oleh bahasa Arab.

Menurut legenda yang disebutkan di Wikipedia, kue ini dibawa oleh Ki Ageng Gibrig, seorang keturunan Prabu Brawijaya yang kembali dari perjalanannya dari tanah suci. Ia membawa oleh-oleh 3 jenis buah makanan dari sana, namun karena masih terlalu sedikit maka isterinya membuat ulang kue ini agar bisa dibagi-bagikan kepada penduduk setempat dan keluarga. Ketika Ki Ageng membagikan kue ini pada warga, ia sambil meneriakkan kalimat “Ya Qowiyyu” yang memiliki makna “Ya Alloh berilah kekuatan”.

Dari peristiwa ini kemudian dikenallah kue ini dengan nama kue Apem yang disadur dari bahasa Arab “Affan” yang berarti ampunan. Tujuannya adalah agar masyarakat juga terdorong untuk selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Lambat laun kue apem ini selalu dihadirkan di acara-acara selamatan dan menjelang Ramadhan.

Di sisi lain, kue Apem ini konon berasal dari India yang dahulu dibawa oleh para pedagang dari Gujarat. Di India, terdapat kue serupa yakni kue Dosa dan Appam yang juga ternyata memiliki berbagai macam jenisnya. Bedanya, kue Appam lebih kecil dan tebal di bagain tengahnya dibanding dengan kue Dosa yang sedikit lebih besar. Sedangkan di Malaysia dan Singapura, kue sejenis ini dikenal dengan nama thosai. Secara maknawi, di Tamil, India kue apem ini juga ternyata digunakan untuk persembahan dalam upacara Hindu, yaitu persembahan untuk Dewa Ganesha.

Nah, itulah sekilas sejarah adanya kue Apem di Indonesia. Jika Anda belum pernah merasakan bagaimana nikmat dan legitnya rasa Apem, kini saatnya Anda bereksperimen untuk membuatnya sendiri. Resep kue Ape mini sedikit berbeda dengan resep kue Apem yang biasanya berbeda di pasaran karena menggunakan putih telur. Resep Apem Putih Telur ini diadopsi dari Diahdidi.com sebagai seorang food blogger. Penasaran bagaimana resep dan cara membuatnya? Yuk, siapkan bahan-bahan di bawah ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1kg tepung beras
¾ kg gula pasir
½ kg tape singkong
2 gelas belimbing air kelapa
6 gelas belimbing santan yang dimasak
1 sachet ragi instan (seperti fermipan)
5 butir putih telur yang dikocok kaku

Cara Membuat:

  • Masukkan dalam satu wadah, tape singkong dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan ragi instan, tepung beras lalu santan. Aduk hingga rata.
  • Sendokkan sedikit adonan apem ke dalam adonan putih telur, aduk hingga agak lembek.
  • Tuang adonan putih telur ke adonan apem secara merata.
  • Diamkan adonan hingga mengembang naik, kurang lebih sekitar 1 jam sambil ditutup dengan kain.
  • Kukus atau panggang di oven menggunakan cetakan atau loyang.

Anda bisa mencoba resep di atas dengan setengah resep jika dirasa akan menghasilkan terlalu banyak Apem, apalagi jika Anda baru membuat kue Apem. Ada baiknya menggunakan setengah resep denganc ara membagi 2 jumlah takaran dalam resep. Contoh, di resep penggunaan tepung beras adalah 1kg, maka Anda boleh mencobanya dengan hanya menggunakan 500 gram saja. Anda bisa menggunakan tepung beras instan atau tepung beras yang digiling sendiri. Selamat mencoba!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE