Resep Kue Kering: Gurihnya Kaastengels Selalu Jadi Andalan Saat Lebaran

kaastengels, resep makanan, resep soto ayam, kue basah, resep ayam, resep kue bolu, resep ayam bakar, resep pizza, resep mie ayam, resep mie goreng, resep ikan bakar, resep bakso, resep ayam goreng, resep masakan nusantara, resep masakan jawa, resep cumi, resep nasi uduk, resep masakan ikanMeskipun baru beberapa hari berpuasa, momen saat hari Raya dengan berbagai sajian kue kering khas lebaran selalu membuat rindu suasana. Salah satu jenis kue kering yang selalu menjadi primadona di antara jenis kue kering lainnya adalah Kaastengels. Ya, gurihnya keju pada campuran adonan kue yang juga ditaburkan di atasnya membuat kue kering ini banyak diminati dan selalu jadi favorit khususnya para penggemar keju.

Meskipun hari Raya masih jauh hari, namun tak ada salahnya menyiapkan stok kue kering Kaastengels dari sekarang. Kaastengels juga bisa menjadi camilan saat berbuka atau Anda juga bisa bereksperimen membuat kue kering Kaastengels untuk dijual kembali. Selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dijadikan inspirasi bisnis rumahan musiman seperti bulan Ramadhan dan menjelang hari Raya. Yuk, coba membuat kue kering Kaastengels ini sendiri!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
300 gram mentega (atau bisa campuran antara butter dan margarin)
350 gram terigu protein sedang (serbaguna)
50 gram tepung maizena
2 sdm susu bubuk
100 gram keju edam parut
100 gram keju parmesan parut (jika tidak ada, bisa diganti keju cheddar)

Bahan Olesan:
Kuning telur secukupnya, kocok

Taburan:
Keju Cheddar parut

Cara Membuat:

  • Campur dan ayak tepung terigu, maizena, dan susu bubuk. Sisihkan.
  • Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (tidak perlu mengocok lama sampai putih pucat).
  • Masukkan keju edam dan parmesan yang sudah diparut, aduk rata dengan sendok kayu.
  • Masukkan campuran tepung terigu ke dalam campuran adonan mentega dengan sendok kayu sampai rata hingga sudah bisa dibentuk.
  • Gilas tipis adonan (sekitar 1cm), lalu cetak sesuai selera dengan cetakan stik, bunga atau bentuk lainnya sesuai keinginan. Tata dalam Loyang tanpa dioles margarin.
  • Oles hasil cetakan kue dengan kuning telur dan taburi dengan keju Cheddar parut secukupnya.
  • Panggang dalam oven dengan suhu rendah sekitar 125 derajat celcius sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan.
  • Angkat dan dinginkan. Simpan di dalam toples kedap udara.

Adonan kue kering Kaastengels ini tidak menggunakan telur sehingga akan menghasilkan tekstur kue yang renyah dan garing. Namun jiga Anda lebih menyukai kue kering Kaastengels yang bertekstur empuk, Anda bisa menambahkan 2 butir kuning telur yang dikocok bersama mentega. Keju yang digunakan untuk campuran adonan kue sebenarnya bisa menggunakan jenis keju apa saja seperti keju cheddar, namun tentu saja akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Khusus Kaastengels memang lebih enak jika memakai keju jenis edam, namun jika Anda sulit mendapatkannnya bisa diganti dengan keju jenis cheddar yang diberi sedikit garam. Begitu pula dengan jenis keju parmesan, jika tidak ada Anda bisa melewatinya tanpa menggunakan keju jenis ini. Selamat mencoba!

Para pencari resep juga mencari kata-kata berikut; resep masakan, resep kue, kue, kue kering, resep bolu kukus, resep brownies kukus, resep kue basah, resep martabak manis, resep pancake, resep risoles, resep soto, resep kue kering lebaran, resep rendang, cara membuat kue, resep siomay, cara membuat kue kering, resep bolu, resep rawon, resep es krim, resep kue lapis, aneka resep masakan, resep cake, resep brownies, resep udang, kue lebaran, kue kering lebaran, resep kue sus.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE