Resep Kue Lebaran: Nastar Lumer & Renyah Simple Tanpa Butter

nastarLebaran tak lengkap rasanya tanpa hidangan berbagai kue kering khas saat Hari Raya. Salah satu kue kering yang menjadi favorit banyak orang di Hari Raya Idul Fitri adalah kue nastar. Saking banyaknya yang mengidolakan kue ini, hampir setiap orang berlomba menyuguhkan kue nastar yang enak seperti yang dijual di etalase toko-toko kue ternama.

Dari sekian banyak resep, hampir 99% menggunakan bahan butter sebagai campurannya. Bahkan mereka hingga merekomendasikan salah satu merk butter ternama yang sering digaungkan para penggiat kuker nastar. Tak sedikit pula dari mereka yang mengalami kegagalan meski bahan resep sudah sempurna disadur.

Apa sih rahasia sukses mendapatkan kue kering nastar yang renyah dan lumer di mulut? Ternyata rahasianya ada di paduan margarine dan butter. Dan kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena hanya dengan menggunakan salah satu produk margarine yang mengandung butter Anda bisa mendapatkan kue kering nastar dengan hasil yang memuaskan. Penasaran bagaimana resepnya? Ini dia….

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
450 gram Tepung terigu serbaguna, ayak
100 gram Tepung maizena, sangrai
275 gram Margarin Blue Band Cake and Cookie
100 gram Gula halus
2 butir Kuning telur
1 butir Putih telur

Bahan olesan:
1 sdm madu/susu cair
1 butir telur
100 gram Keju Cheddar, parut

Bahan Selai:
1 kg Nanas
350 gram Gula pasir
¼ sdt Garam
2 butir Cengkeh
1 Kayumanis

Cara Membuat:

Isian Nastar:

Parut nanas, masukkan ke dalam panci bersama gula pasir, garam, cengkeh dan juga kayumanis. Masak di atas api sedang hingga mengental dan bisa dipulung. Aduk terus-menerus agar tidak terkena letupan. Jika sudah mengental, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, sisihkan cengkeh dan kayumanis, bulat-bulat selai nanas agar siap diisikan ke adonan nastar.

Adonan Nastar:

1. Kocok margarine Blue Band & Cookie beserta gula halus hingga rata. Masukkan kuning dan putih telur. Kocok lagi hingga tercampur rata. Sisihkan. Masukkan tepung terigu dan tepung maizenna yang telah disangrai, aduk rata menggunakan spatula, tidak perlu memakai tangan.

Kunci rahasia mendapatkan adonan kue nastar adalah tidak membiarkan adonan nastar lama sebelum dicampur terigu dan maizenna, khawatirnya adonan menjadi mencair karena mengandung butter. Jika dirasa butuh waktu untuk mengadoninya, simpan dalam wadah yang ditutup plastic wrap di dalam kulkas.

2. Jika dirasa sudah siap untuk mengadoni, ambil 1-2 sdt adonan (sesuai selera), lalu bulatkan. Pipihkan adonan dan masukkan isian selai nanas, lalu bulatkan kembali. Tata di atas loyang datar yang telah diolesi mentega atau margarine.

3. Olesi permukaannya dengan bahan olesan yang telah dikocok lepas, taburi dengan keju. Panggang di dalam oven dengan panas suhu 150-170 derajat celcius, atau hingga matang sempurna sesuai selera. Jika Anda menginginkan nastar yang renyah, maka Anda bisa memanggangnya sedikit lebih lama, sekitar 20 menit di api kecil. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.

Memanggang kue nastar tidak disarankan menggunakan api sedang-besar, tapi gunakanlah api kecil-sedang. Hal ini akan membuat nastar matang sempurna sesuai yang diinginkan, dengan tekstur renyah dan lumer di mulut.

Untuk mendapatkan adonan yang tidak pecah, pastikan Anda membulatkan adonan dengan baik (halus dan rata) sehingga tidak pecah-pecah saat dioven. Tips lainnya adalah tidak mengisi isian nastar dengan selai yang banyak, masukkan selai sedikit saja agar hasilnya bulat sempurna. Selamat mencoba di rumah Bunda, share di komentar di bawah ya jika berhasil ^^. Ditunggu share-nya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE