Resep: Kue Pukis Sederhana

resep kue, resep kue pukis istimewa, resep kue pukis sederhana, cara membuat kue pukis, resep membuat kue pukis, aneka resep masakan, aneka resep, resep kue pukis enak, masakan kue, resep masakan sederhana, resep masakan enak, masakan enak, resep masakan indonesia, resep indonesia, resep sederhana, cara membuat kue keju, resep praktis, resep kue pukisPukis adalah nama untuk kue tradisional yang kini makin populer di kalangan pecinta kuliner. Kue ini konon pertama kali dibuat oleh orang Sampang, Kebumen yang bernama Raminto. Ia pernah bekerja pada orang Cina yang membuka usaha kue pukis. Dengan modal keberanian dan tekad yang kuat, Raminto memulai usaha berjualan kue pukis di desanya dengan mengajak beberapa teman lainnya hingga akhirnya usahanya makin maju dan banyak diminati.

Kue Pukis sendiri dibuat dengan bahan pokok yakni santan, tepung terigu dan telur. Seiring dengan berjalannya waktu, kue pukis makin berkembang dengan berbagai inovasi topping yang ditambahkan. Seperti coklat, ceres, oreo, keju, selai strawberry dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk membuatnya, Anda bisa mencoba resep berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

200 gr tepung terigu protein sedang
4 butir telur ayam
125 gr gula pasir
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
10 gr ragi instan
40 gr margarin, cairkan
1/4 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam halus

Cara Membuat Kue Pukis

  • Pertama, kocok telur, gula dan garam hingga mengembang kaku. Tambahkan tepung terigu, ragi instan, margarin dan vanili, lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula hingga terbentuk adonan yang licin. Diamkan adonan selama 60 menit atau sampai adonan mengembang dan berbuih.
  • Panaskan cetakan pukis yang sudah diolesi dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan, panggang dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  • Atur didalam piring saji, dan siap hidangkan.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE