Resep : Martabak Bolu Teflon

Jika mendengar martabak apa yang terlintas di benak Anda?

Martabak Bangka, martabak Terang Bulan atau martabak Telur?

Terdapat dua jenis martabak yang familiar di Indonesia, martabak manis dan martabak telur atau asin. Beberapa pedagang biasanya menjual dua jenis martabak ini dalam satu roda. Padahal adonan dan bentuk kedua martabak ini jelas berbeda.

Martabak Bangka dan martabak Terang Bulan merupakan salah dua brand dari martabak manis yang familiar di telinga masyarakat kita. Di beberapa daerah martabak manis juga dikenal dengan nama kue Bandung, kue Pinang atau apam Pinang. Sementara martabak Telur merujuk pada martabak asin.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Martabak Manis adalah makanan terbuat dari adonan terigu, telur, gula, yg ditaburi bubuk kacang tanah dan cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat; Sedangkan definisi Martabak Telur adalah makanan terbuat dari adonan tepung terigu (untuk lapisan luar) dan adonan telur, daging giling (cincang), dan rempah (untuk bagian isi) yang kemudian digoreng.

Berbeda dengan martabak telur, ciri khas martabak manis adalah teksturnya yang padat namun lembut dan bersarang membentuk rongga-rongga. Terdapat loyang khusus untuk memanggang martabak manis yang terbuat dari besi tebal hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang. Bila Anda tidak memiliki loyang khusus maka teflon pun ternyata bisa digunakan untuk membuat martabak manis lho, hasilnya dijamin lembut dan bersarang asal Anda tahu triknya. Berikut resepnya;

Martabak Bolu Teflon

Oleh : Fitria

martabak manis teflon

Bahan-bahan
115 gram tepung terigu
10 gram tepung maizena
1 butir telur
45 gram gula pasir
1/2 sdt ragi
1/2 sdt vanilla
150 ml susu hangat/santan/air hangat
1/4 sdt garam
1/2 sdt soda kue

Topping:
1 SDM gula pasir
margarine
meises sesuai selera

Langkah

resep martabak manis teflon

Campur tepung, gula, ragi, vanilla, aduk rata. Tambah air/susu/santan sedikit demi sedikit. Masukkan telur. Aduk rata dengan whisk. Tambahkan garam. Aduk kembali hingga rata. Tutup dengan kain bersih. Diamkan sekitar 45 menit.

Panaskan teflon dengan api sedang mengarah ke kecil. Tidak perlu diberi minyak/ margarine agar panas merata ke seluruh permukaan kulit martabak. Jadi hasil kulitnya cantik coklat merata.

Bila dirasa teflon sudah panas, masukkan soda kue pada adonan. Aduk rata.

Tuang adonan diteflon. Tekan dengan sendok sayur ke pinggir-pinggir teflon supaya martabak ada pinggirannya. Api biarkan sedang.

Bila sudah muncul gelembung-gelembung pada permukaan martabak, taburi gula pasir 1 sdm lalu tutup teflon. Kecilkan api mengarah ke hampir mati.

Biarkan sampai matang. Bila permukaan martabak sudah tidak basah maka martabak telah matang. Angkat.

Oles margarine, taburi topping. Belah dua sama rata, lalu di tumpuk. Potong-potong sesuai selera.

Bila mau lebih legit, oles permukaan luar martabak dengan margarine.

Sajikan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE