Resep Membuat Kue Dorayaki ala Doraemon

dorayaki, resep dorayaki, cara membuat dorayaki, resep kue dorayaki, kue dorayaki, kue doraemon, resep kue praktis, resep kue apem, resep jajanan anak, resep jajanan, resep masakan jepang, cara membuat kue apem, cara membuat kue pancong, cara membuat kue kacang, makanan khas jepang, oleh oleh khas jepang, resep kacang merah, asal usul doraemon, memasak kue, kue pancongJika Anda pernah nonton serial kartun anime Doraemon, tentu sudah tidak asing lagi dengan kue Dorayaki. Ya, walaupun Doraemon adalah robot kucing, namun dirinya sangat menyukai kue Dorayaki. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sebenarnya kue Dorayaki itu? Anda sangat asing dengan kue Dorayaki ini karena jarang sekali Anda temui.

Kue Dorayaki sebenarnya adalah kue tradisional Jepang (wagashi) yang terdiri dari dua potong kue bulat yang digabungkan dengan selai kacang merah. Kue Dorayaki terkenal di Indonesia sejak diputarnya kartun Doraemon, sejak saat itulah masyarakat makin penasaran dan mulai mencari kue Dorayaki ini.

Kue Dorayaki dinamai demikian karena bentuknya yang mirip dengan gong (Dora). Nah tentu Anda membayangkan bagaimana kelezatan kue Dorayaki ini sehingga Doraemon begitu menyukainya. Sayangnya, Anda mungkin kesulitan menemukan kue ini, tetapi Anda bisa lho membuat kue Dorayaki sendiri, penasaran?

Pada artikel berikut ini, kami akan menghadirkan resep kue Dorayaki. Anda bisa membuatnya bersama dengan anak Anda, karena proses pembuatannya pun relatif mudah dengan adonan mirip kue pancong, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Bahan yang Harus Disiapkan

  1. Telur (3 butir)
  2. Gula (100 gram)
  3. Madu (50 gram)
  4. Susu Hangat (150 ml)
  5. Terigu Protein Sedang (190 gr)
  6. Baking Powder (5 gram)
  7. Cokelat Bubuk (10 gram)
  8. Minyak Sayur (50 ml)

Untuk Isi Dorayaki

  1. Kacang Merah (100 gram)
  2. Susu Cair (150 ml)
  3. Gula Pasir (3 sendok makan)
  4. Chocochip
  5. Azuki
  6. Selai Cokelat Kacang

Langkah-langkah Cara Membuat Kua Dorayaki

  1. Aduklah campuran telur, gula, madu dan susu hangat hingga tercampur rata
  2. Kemudian masukkan terigu dan baking powder yang telah diayak ke adonan tadi
  3. Setelah tercampur rata, masukkan minyak sayur dan aduk kembali hingga tercampur rata.

Membuat Isi Kue Dorayaki

  1. Untuk membuat isi kue Dorayaki, rebus kacang merah hingga lunak dan haluskan
  2. Setelah halus, masak kembali kacang merah tersebut hingga mengental
  3. Tambahkan juga susu cair, gula pasir dan masak lagi hingga tercampur rata dan dinginkan.

Sementara itu, untuk adonan kue dorayaki yang sudah siap, Anda selanjutnya harus melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

  • Panaskan wajan anti lengket, beri minyak sedikit
  • Tuangkan adonan kue dorayaki tadi dengan menggunakan scop atau sendok sayur di atas wajan
  • Biarkan adonan tadi hingga matang, lalu tiriskan.

Setelah isi dan kue dorayaki sudah siap, maka Anda tinggal membentuk dan menghias kue Dorayaki itu agar bisa sama persis dengan selama ini yang Anda lihat di kartun Doraemon, caranya adalah ambillah kue Dorayaki yang sudah siap, berilah olesan isi kue Dorayaki tadi. kemudian tutup kembali dengan kue dorayaki yang lain

Untuk masalah isi dari kue dorayaki, sebenarnya tergantung selera Anda. Anda bisa menggantinya dengan isian kesukaan Anda, selai strawberry, selai cokelat, vanilla atau rasa yang lain. Kue Dorayaki ini cocok sebagai bekal sekolah anak Anda, taruh di wadah dengan ilustrasi gambar Doraemon. seru kan?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE