Resep Pie Susu Bali, Renyahnya Bikin Nagih

pie_susu_cemara_bali_com_3-550x600Hmmm, siapa yang tak mengenal salah satu jenis camilan sekaligus oleh-oleh khas Bali ini, camilan ini mulai populer di media sosial dengan merk Pie Susu Bali Dhian. Pelopor Pie Susu Bali sebenarnya adalah Pie Susu Asli “Enaaak” yang sudah beroperasi dari tahun 1989. Seiring perkembangannya yang banyak diburu turis lokal dan mancanegara, maka bertebaranlah pengusaha-pengusaha Pie Susu Bali. Ciri khas Pie Susu Bali adalah kulitnya yang tipis sehingga menghasilkan kulit pie yang renyah dan garing saat digigit, begitupula dengan bagian tengahnya yang lembut dan lumer di mulut. Rasa manisnya berpadu apik sehingga tak menghasilkan rasa enek saat memakannya.

Camilan yang satu ini juga bisa dijadikan usaha rumahan kecil-kecilan lho, nah bagi Anda penggemar resep kuliner yang mau mencoba membuat resep resep Pai Susu Bali sendiri Anda bisa menyimak dan mempersiapkan bahan-bahannya berikut ini. Bahannya sangat sederhana dan gampang untuk dicari di warung sekalipun, resep ini untuk 1 buah pie dengan loyang bongkar pasang diameter 20 cm atau 20 buah pie dengan cetakan diameter 5 cm. Berikut cara membuat pie susu dan cara membuat kulit pie.

Bahan kulit pie:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram mentega (dalam kondisi dingin dan keras dari kulkas, potong-potong ukuran 2 x 2 cm)
  • 1 sendok makan gula pasir/gula halus

Adonan susu:

  • 3 butir kuning telur
  • 1/2 kaleng (200 gram) susu kental manis
  • 100 ml air

Cara membuat:

Siapkan oven, tur pada suhu 160’C, letakkkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan cetakan pie. Anda bisa menggunakan cetakan pie ukuran kecil diamter 5 cm, atau loyang bongkar pasang diameter 20 cm. Olesi cetakan dengan menggunakan margarine. Sisihkan.

Membuat resep kulit pie (crust)

Pertama, siapkan mangkuk lalu masukkan tepung terigu dan potongan mentega. Aduk dan lumuri mentega dengan tepung, kemudian aduk dan tekan-tekan dengan garpu sampai tercampur rata hingga menjadi potongan dan butiran kecil. Adonan akan terasa remah dan kering, teruskan mengaduk hingga adonan terlihat menggumpal. Jika telah selesai aduk adonan dengan jemari tangan, gumpalkan hingga adonan menyatu dan tidak ada remah-remah yang lepas.

Membuat adonan isi

Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur. Aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang lembut. Masukkan susu kental manis dan air, aduk rata hingga tercampur baik. Saring adonan.

Tuangkan sebagian adonan ke dalam cetakan pie, tekan-tekan adonan dengan ujung jari dan tutupi seluruh permukaan cetakan. Rapikan adonan yang melewati batas permukaan cetakan dengan memotongnya menggunakan pisau.

Tuangkan adonan isi, jangan sampai penuh, sisakan sekitar 0.5 cm dari permukaan pie. Tusuk gelembung udara yang muncul di permukaan adonan isi dengan tusuk gigi hingga tidak ada gelembung tersisa. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit atau hingga kulit pie terlihat kuning kecoklatan dan adonan pie terlihat mengeras. Keluarkan pie dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin di dalam loyangnya. Lepaskan hati-hati dan potong pie sesuai selera.

Silakan dicoba cara membuat masakan Pie susu enak Bali merupakan salah satu resep resep masakan Indonesia yang memperkaya khazanah resep Indonesia yang menjadi ciri khas oleh oleh Bali.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE