Resep: Puding Coklat Kanji

puding coklat kanji, resep puding, puding, puding coklat, cara membuat puding, aneka resep puding, aneka puding, resep aneka puding, resep puding susu, resep puding coklat susu, puding susu, puding coklat susu, macam macam puding, resep pudding, puding coklat oreo,  resep puding oreo, resep puding coklat oreo, membuat puding, cara membuat agar agar, resep puding coklatPuding menjadi salah satu kudapan favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Bahkan di berbagai event, kudapan ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup yang paling banyak diminati. Menurut Wikipedia, puding berasal dari bahasa Perancis, yakni boudin yang berarti ‘sosis darah’, dan juga dari bahasa Latin botellus yang artinya ‘sosis kecil’. Istilah pudding mulai digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Namun saat ini, jenis pudding sudah sangat beragam, tidak lagi sesuai dengan aslinya khususnya di Indonesia.

Seperti contoh resep-resep berikut ini menjadi variasi dalam membuat puding, resep puding coklat susu, puding susu, puding coklat susu, cara membuat puding coklat, resep vla puding, resep membuat puding, cara bikin puding, resep fla puding, resep agar agar, cara buat puding, cara buat puding coklat, resep puding lapis, cara membuat puding susu, resep kue puding, cara membuat puding agar agar, kreasi puding, cara membuat fla puding, cara membuat fla, resep puding buah, cara membuat puding buah, resep puding sederhana, cara membuat puding sederhana, resep puding coklat sederhana.

Jika Anda berpikiran semua kudapan pudding ini rasanya manis, Anda salah. Tenyata tidak semua puding rasanya manis, suet pudding (puding lemak) adalah jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu bercampur lemak domba atau lemak sapi, rasanya pun gurih. Di Britania Raya, istilah pudding ini sering digunakan untuk hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.

Nah, jika Anda ingin mencoba membuat pudding sendiri, mungkin Anda bisa mencoba resep sederhana Puding Coklat Kanji berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan:
1/3 gelas tepung kanji
½ gelas gula pasir
3 gelas susu murni dingin
¾ gelas cokelat batang yang dipotong balok
1 sdm ekstrak vanili

Cara membuat:

  • Campurkan tepung kanji, garam, gula, dan juga susu ke dalam blender hingga tercampur dengan rata.
  • Tuang adonan dari dalam blender ke sebuah mangkuk dan letakkan di atas air mendidih (tim), tidak langsung dipanaskan di atas api selama 15 menit. Aduk terus dengan memakai spatula.
  • Masukkan cokelat yang sudah dipotong berbentuk balok atau bahan perasa lainnya yang diinginkan dan aduk hingga melebur menjadi satu.
  • Masukkan ekstrak vanili dan aduk terus hingga rata.
  • Diamkan hingga kue puding mengeras dan anda bisa menambahkan whipped cream dan topping di atasnya.

Tips:

  • Puding tidak selalu berhubungan dengan cokelat, jadi anda bebas memberikan rasa lain seperti kacang, Nutella, perasa buah, dan lainnya sesuai takaran.
  • Untuk menyimpan puding, Anda bisa meletakkan bungkus plastik untuk makanan pada bagian teratas, untuk mencegah pembentukan kulit baru pada bagian atas puding.
  • Saring terlebih dahulu tepung kanji yang akan digunakan untuk mencegah tekstur dari puding yang menggumpal pada akhirnya.

Bagaimana, mudah bukan? Puding Coklat Kanji ini dibuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan. Selamat mencoba, dan selamat berkreasi di akhir pekan ini!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE