Resep: Puding Karamel, Santapan Nikmat Di Tengah Kehangatan Keluarga

puding karamel, cara membuat bolu karamel, cara membuat karamel, resep kue karamel, kue karamel, resep bolu karamel, resep bolu sarang semut, resep kue sarang semut, resep sarang semut, kue sarang semut, cara membuat kue sarang semut, membuat puding, cara membuat puding sederhana, resep membuat puding, cara membuat puding coklat, cara membuat puding buah, resep puding enak, cara bikin puding, resep puding coklat, resep karamel, resep puding, resep aneka puding, resep puding sederhana, resep puding buah, puding coklatCuaca panas di siang hari yang kian menyengat rasanya sangat nikmat jika sambil menyantap makanan yang manis dan dingin. Segelas es cendol atau Puding Karamel yang lembut dilidah tak akan mampu ditolak keberadaannya oleh siapapun. Ya, sajian pudding karamel tak pernah kehilangan peminat maupun penggemar. Puding yang lembut dengan manisnya yang gurih akan semakin nikmat jika disantap dalam keadaan dingin, tubuh kembali fit dan segar bugar.

Untuk menyajikan Puding Karamel sangatlah mudah, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan utama seperti gula pasir, telur dan susu. Ketiga bahan ini merupakan bahan yang paling sering dijumpai di dapur dan menjadi bumbu serta kebutuhan pokok yang paling banyak digunakan. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk membuat pudding yang lezat ini sebagai kudapan di siang atau sore hari saat berkumpul dengan keluarga. Menyantap pudding dalam keadaan dingin sangat disarankan agar rasanya semakin terasa nikmat. Cara membuat puding karamel itu banyak variasinya, mulai dari puding karamel kukus, puding karamel tanpa telur dan puding karamel roti dan bahkan ada yang dipadukan dengan resep puding tahu, resep puding buah dan resep puding coklat. Namun kali ini kita akan menguraikan resep puding karamel. Berikut resepnya:

Bahan Karamel :
40 gr gula pasir
10 ml air matang
30 ml air matang (masukkan nanti)

Bahan puding :
3 bh telur
3/4 sdt vanilla essence
90 gr gula pasir
450 ml susu

Cara Buat Puding Karamel:

  • Campur gula dan 10ml air, lalu masukkan ke teflon dan aduk sebentar.
  • Nyalakan api dan gunakan api paling kecil agar nanti karamel tidak gosong dan pahit. Selama proses membuat karamel, adonan jangan diaduk, biarkan gula larut sendiri.
  • Jika sudah berubah menjadi karamel dan warna yang dihasilkan bagus, matikan api lalu masukkan air sebanyak 30ml sedikit demi sedikit sambil menggoyangkan teflon hingga tercampur rata. Hati-hati saat mencampur air ke adonan karamel, tidak perlu diaduk untuk menghindari letupan karamel.
  • Jika sudah tercampur rata, tuangkan karamel ke wadah pudding dan dinginkan.
  • Hangatkan susu menjadi hangat, tidak sampai mendidih. Cukup susu menjadi hangat saja kurang lebih 60 derajat celcius.
  • Kocok telur, gula dan vanilla essence hingga rata dengan whisk.
  • Tuangkan susu hangat sedikit demi sedikit hingga rata.
  • Saring lalu masukkan ke wadah pudding.
  • Kukus pudding selama 30 menit atau oven dengan suhu 150 (20mnt) dengan metode au bain marie.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Siap untuk disajikan.

Sebenarnya masih banyak yang dapat kita lakukan dari puding dan karamel semisal dari bahan karamel maka diketahui cara membuat bolu karamel, rsep kue karamel, resep bolu sarang semut, resep kue sarang semut. Sedangkan dari puding kita dapat mengetahui cara membuat puding sederhana, cara membuat puding coklat, cara membuat puding buah. Namun hal tersebut kembali kepada kreatifitas masing-masing dalam memadukan bahan-bahan. Dalam kesempatan lain kita akan coba menguraikan resep puding coklat, resep karamel, resep puding, resep aneka puding, resep puding sederhana, resep puding buah dan puding coklat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE