Resep: Puding Labu Kuning Lapis Cokelat

puding labu kuningMasyarakat Indonesia tentunya sudah mengenal labu kuning (pumpkin) yang seringkali dijadikan sebagai campuran es buah atau kolak saat bulan Ramadhan. Labu yang memiliki sebutan lain Pumpkin ini juga memiliki rasa yang unik dan khas meskipun dicampurkan ke dalam berbagai makanan. Labu kuning ini bisa diolah menjadi berbagai makanan, mulai dari desert seperti pudding, es buah, kolak, aneka makanan kue basah, cake, hingga campuran sayur untuk teman makan.

Kudapan dari labu kuning ini tak hanya bisa dikreasikan menjadi berbagai aneka makanan tetapi juga bisa disajikan hanya dengan cara dikukus saja, Anda bisa menyantapnya selagi hangat. Rasanya begitu manis dengan tekstur yang legit dan nempel di rongga mulut. Sebenarnya, tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, sebagian orang malah sangat menyukai biji kuaci yang berasal dari biji buah labu kuning ini.

Jika Anda sedang mengidam kudapan dari kreasi labu kuning, atau Anda memiliki stok labu kuning oleh-oleh dari kampung halaman taka da salahnya mencoba membuat Puding Labu Kuning Lapis Cokelat yang super duper yummy ala mamaAisyah berikut ini:

Puding

Bahan-bahan :
200 gr labu kuning tanpa kulit, kukus dan haluskan dengan blender
7 gr (1 sachet) agar putih/bening
500 ml susu cair (bisa pake SKM yang dicampur air, kurangi jumlah gula)
200 ml air matang
120 gr gula pasir atau sesuai selera
2 sdm coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air hangat

Cara membuat:
1. Campur semua bahan kecuali coklat dalam panci, aduk rata. Didihkan di atas api sedang sambil diaduk-aduk. Lalu angkat.
2. Ambil 1/3 bagian adonan lalu campurkan dengan coklat bubuk yang sudah diencerkan, aduk rata. Sisihkan. Proses pengenceran dilakukan agar coklat bubuk tidak bergumpal saat dicampurkan ke adonan pudding, sama seperti kasus penggunaan maizena.
3. Tuangkan adonan agar-agar kuning ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air terlebih dahulu. Fungsinya agar pudding bisa terlepas dengan mudah saat sudah dingin nanti.
4. Tunggu hingga uap panas hilang dan terbentuk lapisan di bagian atas, tetapi bagian bawah puding masih goyang (belum keras).
5. Tuang sisa lapisan coklat (1/3 sisa adonan) secara perlahan agar adonan tidak bocor atau retak.
6. Biarkan mengeras dan sajikan dalam keadaan dingin.

Vla Santan

Bahan-bahan:
200 ml santan agak kental
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:
Campurkan semua bahan kemudian didihkan di atas api kecil-sedang hingga mengental. Angkat, dinginkan

Jika lapisan adonan pudding bagian kuning sudah terlanjur mengeras, gores adonan dengan garpu sebelum dituang dengan lapisan coklat agar hasil lapisannya bisa menempel dengan baik. Anda bisa mengganti cokelat bubuk dengan bahan lain seperti daun pandan, bubuk green tea, dan lain sebagainya. Bahkan jika tidak memiliki bahan tambahan pelapis di dapur pun, Anda bisa hanya dengan membuat 1 lapisan original saja. Tentunya pengurangan ini tidak akan mengurangi kelezatan Puding Labu Kuning buatan Anda di rumah. Selamat mencoba!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE