Resep Sahur & Buka Puasa: Bacem Limpa Sapi

bacem limpa sapiLimpa termasuk ke dalam jenis jeroan yang banyak digemari, selain hati. Limpa bisa dibuat menjadi sajian gulai, kari, campuran soto bahkan dimasak ala bacem. Untuk mendapatkan masakan olahan limpa yang tidak berbau anyir menyengat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari proses pencucian hingga penggunaan bumbu.

Berbeda dengan limpa, hati lebih rentan terhadap bakteri dibanding jeroan lainnya, oleh karena itu sebaiknya pilihlah hati segar berwarna merah kecokelatan mengkilat, tak beraroma busuk dan teksturnya kenyal halus. Sedangkan limpa, bila pengolahannya tidak tepat maka bisa menimbulkan aroma yang tak sedap.

Dalam proses pencucian, cucilah hati dan limpa di bawah air mengalir beberapa kali hingga bersih. Buang selaput tipisnya serta bagian otot yang keras di bagian ujung hati. Pastikan juga tidak ada kotoran yang melekat. Sebab hal ini dapat mempengaruhi aroma hidangan. Potong-potong hati dan limpa sesuai selera, misalnya setebal 3 cm, lalu percikan air jeruk nipis dan merica/lada untuk mengurangi bau anyir. Setelah itu rebus dengan api sedang hingga mendidih, buang air rebusan pertama, dan bersihkan kembali, tiriskan. Jika tidak akan dibacem, rebus kembali limpa dalam air mendidih dengan diberi daun salam, lengkuas dan jahe. Gunakan api kecil saat perebusan hingga hati dan limpa empuk. Namun jangan terlalu lama merebus hati supaya tidak keras. Setelah empuk, tiriskan kembali jeroan. Untuk limpa, lepaskan kulitnya yang berwarna putih.

Untuk membuat bacem limpa sapi, cukup sampai perebusan pertama saja, perebusan kedua bisa diganti dengan proses membuat bacem limpa sapi berikut ini:

Bahan-bahan:
500 gram limpa sapi, potong menjadi 5 bagian
2 sdm minyak goring
750 ml air kelapa
Bumbu halus:
2 sdm bawang merah, iris
1 sdm bawang putih iris
1 sdm ketumbar
1 sdm garam
1 sdm cabai merah, iris

Bumbu lain:
3 cm kayu manis
5 buah cengkih
3 sdm gula merah
2 sdm air asam

Cara Membuat:

  1. Campur limpa dengan semua bumbu halus, bumbu lain, tempatkan di wajan, lalu tuangi air kelapa. Masak dengan api sedang hingga limpa empuk dan kuah agak asat.
  2. Masukkan minyak goreng, aduk sejenak lalu angkat.
  3. Siap dihidangkan.

Sajian bacem limpa sapi ini cocok disajikan saat santap berbuka maupun untuk sahur. Bahkan Anda bisa menyajikannya sebagai hidangan keluarga saat hari raya. Selamat menjalankan ibadah puasa ^^.

Lihat resep asli

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE