Resep: Sup Oyong Jagung Manis

Oyong yang memiliki nama latin, Luffa Cylindrica sering pula dikenal dengan gambas atau ceme merupakan jenis sayuran dari suku labu-labuan. Buah oyong berkulit keras berwarna hijau dan bentuknya bersiku-siku namun dagingnya lunak dan halus berwarna keputihan. Oyong tumbuh subur di daerah penggunungan. Oyong biasanya diolah sebagai sayuran ketika masih muda. Terdapat banyak kandungan yang baik bagi kesehatan dalam oyong, seperti serat, vitamin dan mineral. Oyong juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit serta mampu menurunkan panas atau demam pada anak-anak maupun orang dewasa.

Sayur oyong tak asing bagi masyarakat Indonesia terutama di Jawa Barat. Menurut Wikipedia Oyong dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Barat sebelum naik haji. Manfaat ini didapat dari kandungan cucurbitasin di dalam bijinya. Selain berkasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan penyakit semisal, radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). Oyong juga dapat dikonsumsi untuk mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi.

Biasanya oyong dimasak menjadi sayur bening atau sup oyong yang disajikan dalam hangat. Dikutip dari Tabloid Nova, berikut resep membuat sup oyong jagung manis yang mudah untuk dipraktekkan,

Bahan:
1 Liter kaldu ayam
5 siung bawang putih, goreng utuh, memarkan
100 gram jagung manis pipil
1 buah wortel, kupas, potong sesuai selera
2 buah oyong, bersihkan potong-potong
1 sdm kecap ikan
1 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
50 gram soun, seduh air panas
1 batang daun bawang, potong-potong
1 sdt minyak wijen

Cara Membuat:
– Pertama-tama didihkan kaldu ayam. Tambahkan bawang putih kemudian masak sampai mendidih dan harum.
– Masukkan jagung manis pipil dan wortel, aduk hingga matang. Tambahkan oyong, kecap ikan, garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga oyong matang.
– Menjelang diangkat, tambahkan soun, daun bawang dan minyak wijen, aduk rata.
– Sup oyong jagung manis siap disantap selagi hangat. Yummy!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE