Resep Takjil: Segarnya Sorbet Buah Naga Merah Pas Disantap Saat Berbuka Puasa

Resep Takjil: Segarnya Sorbet Buah Naga Merah Pas Disantap Saat Berbuka Puasa

Buah Naga atau Dragon Fruit ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, kekebalan tubuh akan meningkat ditambah zat dan vitamin lain yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Baik buah naga merah maupun putih memiliki kandungan yang sangat baik utuk berbagai macam pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada sekitar 10 manfaat buah naga yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Nah, di bulan Ramadhan ini Anda bisa mengolah buah Naga menjadi camilan berbuka yang sehat dan menyegarkan. Apalagi jika tidak dibuat Sorbet.

Sorbet memang mirip-mirip dengan eskrim, karena memang termasuk ke dalam jenis eskrim. Sorbet dalam sejarahnya adalah makanan yang dibuat dari salju, sehingga teksturnya seperti serbuk es. Bahan baku sorbet modern hanya terdiri dari bahan-bahan sederhana saja yakni buah-buahan, gula dan air. Proses pembuatannya ini mirip dengan gelato (sejenis eskrim), hanya tidak menggunakan bahan susu, krim dan kuning telur saja.

Sorbet dikenal dengan rasa buahnya yang dominan, karena memang terbuat dari buah asli. Seperti Resep Takjil Sorbet Buah Naga ini yang cocok disantap sebagai hidangan pembuka berbuka puasa.

Bahan yang dibutuhkan:
100 gr gula pasir
150 ml air
300 gr daging buah naga
1 sdt air jeruk lemon
1 sdt kulit jeruk lemon parut

Cara membuat :

  • Rebus gula pasir dan air dengan api kecil sampai gula larut. Dinginkan.
  • Tambahkan daging buah naga bersama dengan kulit bagian dalam agar sorbet merah merona, blender sampai lembut. Masukkan air jeruk lemon dan kulit jeruk lemon, aduk rata.
  • Dinginkan 3 jam dalam freezer, setelah 3 jam blender kembali sampai lembut.
  • Diamkan kembali adonan sorbet selama 2 jam. Kemudian blender lagi dan dinginkan dalam freezer sampai beku.
  • Selesai, siap disajikan.

Catatan: Sebaiknya proses pembuatan sorbet diblender hingga 3 kali agar menghasilkan sorbet yang lebih lembut seperti eskrim.

Sumber: Catatan Dapur Vero

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE