Ribuan Mahasiswa di Cina Lakukan Ujian Secara Massal & Ekstra Ketat

rps20141227_075206Jika biasanya pelajar dapat dengan mudah mencontek saat ujian berlangsung, kali ini hal tersebut mustahil dilakukan oleh ribuan mahasiswa salah satu Universitas di Cina. Seiring dengan beralihnya gaya mencontek mahasiswanya yang lebih canggih seperti dengan menggunakan kamera lubang jarum, bra pemancar radio dan alat-alat canggih lainnya yang digunakan untuk mencontek, salah satu universitas di Cina memutuskan untuk mengambil sikap tegas.

Alhasil, lebih dari 3.800 mahasiswa Universitas Shaanxi Sanhe College kota Baoji provinsi Shaanxi Laut Cina terpaksa harus mengikuti ujian di luar ruangan di bawah pengawasan alat-alat canggih. Alat-alat tersebut akan memantau ribuan mahasiswa selama ujian, di antaranya adalah 80 buah invigilator yang menggunakan kamera HD, teropong hingga teleskop yang bertengger di tangga kampus untuk memantau lebih detail aktivitas para mahasiswa selama ujian berlangsung.

Para staf pengajar di universitas Shaanxi percaya bahwa sistem ujian yang seperti ini akan membantu mereka dalam mengurangi kecurangan selama ujian menggunakan perangkat canggih seperti rompi radio dan radio pemancar. Sistem ujian ini sudah diterapkan selama bertahun-tahun dan tahun 2014 merupakan tahun ke-sepuluh bagi sekolah Shaanxi dalam menerapkan sistem ujian di ruang terbuka secara massal.

Ternyata, sistem ujian ini juga sangat membantu pihak sekolah dalam menentukan di mana urutan siswa akan direkomendasikan pada calon pimpinan perusahaannya nanti saat telah lulus sekolah.

Staf keamanan di Jinling, Jiansu provinsi Guangdong Cina mengungkapkan bahwa para mahasiswa mulai menggunakan rompi dengan radio canggih untuk menerima bantuan dari seseorang yang berada di luar aula. Para pelajar juga mengambil gambar dari soal ujian menggunakan kamera lubang jarum yang disembunyikan di dalam pena.

Pendidikan di Cina begitu sangat dihargai dan dianggap sangat penting, karena banyak orangtua yang menyekolahkan anak-anak mereka setiap hari dengan jarak bermil-mil untuk pergi ke sekolah, mereka jika takut jika mereka harus gagal saat ujian dan dihukum. Ujian sekolah bertujuan untuk menjadi tolak ukur apakah seorang siswa mampu melanjutkan ke tahap pendidikan yang lebih tinggi atau tidak, kualitas seorang siswa dapat diukur dari hasil ujian tersebut. Jika dalam ujian siswa melakukan kecurangan seperti mencontek, akan sangat sulit untuk mengukur kemampuan sebenarnya dari siswa dan mencontek adalah salah satu bibit korupsi dimasa depan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE