Saat Kakak Merasa Iri dengan Kehadiran Adik, Ini 7 Hal yang Bisa Bunda Lakukan

Ketika bunda memiliki dua anak entah rentang waktu yang dekat maupun jauh, akan sering kali membuat kakak cemburu melihat orang tua yang sering berkutat dengan adik. Alasan ini sering menjadi pemicu sikap kakak untuk bersaing dengan adiknya demi mendapatkan perhatian lebih dari orang tua.

adik kakak iri

Bahkan mungkin, kehadiran sang adik belum dapat sepenuhnya diterima oleh kakak, sehingga tak jarang akan muncul perilaku seperti memkul atau bahkan menyakiti adik karena terdorong akan rasa cemburu. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus pandai mencari cara untuk menghalau rasa cemburu pada anak Anda.

Berikut contoh sikap yang dapat mengurangi rasa cemburu kakak pada adiknya:

1. Memberikan contoh cara memperlakukan bayi. Seperti cara menghibur bayi, mengajak bicara bayi atau membuat susu bayi dan lain-lain. Dengan begini, kakak akan secara tak langsung terlatih merawat dan menjaga adiknya.

2. Menjadikan kakak sebagai “penasehat”. Misalnya ketika Anda berbelanja keperluan bayi seperti baju, mintalah si kakak untuk memilihkan atau memutuskan pakaian untuk adiknya.

3. Tidak melupakan rutinitas yang biasa dilakukan ketika si adik belum lahir. Ketika si adik lahir, mungkin Anda lebih banyak mengurusnya, namun jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas rutin si kakak sehingga ia akan merasa nyaman dan diperhatikan.

4. Mengajak kakak bermain bersama adik. Ketika si kakak sering bermain bersama adiknya, ia akan belajar “terbiasa” atas kehadiran adiknya seperti iklhas terhadap mainannya yang dipakai adik, bahkan memberikan mainan kesayangannya pada adik.

5. Ketika Anda melihat kakak menyakiti adik dengan mencubitnya, katakana dengan tegas bahwa mencubit yang biasa Anda lakukan tidak menyakiti adik melainkan cubitan lembut. Jangan tangkap tangan kakak dan memarahinya, ia justru merasa tidak adil sebab Anda boleh mencubitnya sedangkan ia tidak boleh. Dan akan menambah masalah untuk kedepannya.

6. Bantu kakak untuk mengungkapkan perasaannya. perasaan yang dimaksud ialah apa yang ia inginkan dan apa yang ia butuhkan. Dan usahakan menuruti apa yang ia inginkan dan yang ia butuhkan.

7. Sabar. Butuh waktu bagi kakak dapat menerima kehadiran adiknya serta mengungkapkan rasa sayangnya. Biarkan ia terbiasa dan bantu kakak untuk menumbuhkan perasaan ingin menjaga dan kasih saying terhadap adiknya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE