Sate Susu – Kuliner Khas Ramadhan di Kampung Jawa, Denpasar Bali

sate susuBulan Ramadhan memang bulan yang Istimewa, bagaimana tidak? Di bulan ini, umat Islam di pelosok Nusantara khususnya memiliki cara tersendiri dalam menyambut dan memperlakukannya. Di dunia kuliner, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas makanannya tersendiri. Di bulan Ramadhan pun, selalu ada ciri khas khususnya tentang makanan yang hanya ada pada bulan ini. Seperti kuliner yang bernama sate susu.

Sate susu merupakan sate yang terbuat dari bagian susu (payudara) sapi yang direbus kemudian dipotong-potong, ditusuk lalu dibakar layaknya sate pada umumnya. Memang, lazimnya sate yang kita kenal terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi, tetapi hanya di Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat, Bali saja Anda bisa menemukan sajian sate susu ini.

Jika hidangan sate umumnya menggunakan saus kacang, maka berbeda dengan sate susu dimana sausnya terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Tidak lupa, rempah-rempah pun dicampurkan terutama kencur sebagai bahan rempah utama, cabai merah, cabai rawit dan bawang putih.

Sate susu memiliki cita rasa yang enak, kenyal dan berbeda dengan sate-sate pada umumnya, sehingga sangat wajar jika umat muslim di Bali menggemari sajian kuniler warisan budaya yang satu ini. Meskipun harga daging susu sapi yang makin tahun terus merangkak naik, namun tidak menyurutkan semangat mereka dalam menyajikan sate susu kepada masyarakat muslim di Bali karena sate susu ini memang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan saja.

Harga sate susu per porsinya dibanderol dengan harga sekitar Rp15.000, setiap 1 porsi berisi 10 tusuk sate susu. Jika dibandingkan harga sate susu tahun lalu yang hanya berkisar Rp5.000 per porsi, harga sate susu tahun ini termasuk mengalami kenaikan harga sekitar 300%, namun kondisi ini tidak membuat pembeli menjadi sepi. Mereka mengaku bahwa meskipun sate susu selalu mengalami kenaikan, namun mereka memaklumi karena keadaan ekonomi saat ini yang memang tidak stabil. Jika di bulan ini Anda sedang berada di Bali, mungkin Anda bisa mampir ke Jalan Ahmad Yani Denpasar Barat, tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman. Sate susu dijajakan di sepanjang jalan tersebut. Selamat berburu sate susu!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE