Seafood Okonomiyaki – Teman Sarapan Sehat dan Lezat

seafood okonomiyakiPenggemar makanan ala Jepang pasti mengenal jenis makanan yang satu ini. Okonomiyaki adalah makanan Jepang yang berbahan dasar terigu lalu diencerkan dengan air atau dashi (jenis kaldu yang selalu menjadi bahan dasar makanan Jepang). Dashi biasanya dibuat dari sari kombu (ganggang laut atau rumput laut) dan katsuobushi (makanan awetan berbahan dasar ikan cakalang yang diserut seperti serutan kayu) yang dimasukkan ke dalam air mendidih dan disaring sesudah katsuobushi tenggelam di dalam air. Selain memakai katsuobushi, dashi juga sering dibuat dari sari bahan pembuat dashi lain seperti sababushi, niboshi dan jamur shiitake yang dikeringkan. Dashi biasanya ditambah dengan shouyu, mirin, cuka dan miso, tergantung pada jenis masakannya.

Okonomiyaki banyak digemari semua kalangan, biasanya mereka menjadikan makanan teppanyaki ini sebagai camilan atau lauk teman makan nasi. Okonomiyaki dibuat dengan tambahan kol, telur ayam, makanan laut atau daging lalu digoreng atau dipanggang di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Jika Anda juga termasuk orang yang menggemari jenis makanan Okonomiyaki, kini Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan beberapa variasi.

Seafood, makanan yang berasal dari laut ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tak heran jika banyak orang memilih seafood sebagai bahan campuran makanan yang akan dibuat. Seperti pada Okonomiyaki, Anda bisa membuat Seafood Okonomiyaki sebagai kudapan saat sarapan pagi untuk sang buah hati. Selain sedap, Seafood Okonomiyaki sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Namun, meskipun seafood merupakan makanan sehat dan mengandung Omega-3 yang baik untuk kesehatan, seafood tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Anda bisa menyajikannya maksimal 2x dalam seminggu, karena ada beberapa kandungan yang cukup berbahaya jika Anda terlalu sering mengkonsumsi seafood. Untuk membuat sajian Seaafod Okonomiyaki yang lezat dan sehat ini, ada beberapa bahan makanan yang harus dipersiapkan, di antaranya sebagai berikut:

Bahan-bahan/bumbu:
100 gram Udang kupas, cincang kasar
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram kapri, siangi lalu iris halus
100 gram letus, iris halus
200 gram wortel, iris seukuran batang korek api
1 batang daun bawang, iris halus
½ suing bawang Bombay, cincang kasar
3 butir telur
2 sendok teh kecap asin Jepang
1 ¼ sendok teh garam
½ sendok teh merica bubuk
2 buah crabstick, potong tebal ½ cm

Bahan pelengkap:
150 gram saus tomat
50 gram mayones

Cara membuat Seafood Okonomiyaki:

  • Pertama, campurkan udang, tepung terigu, kapri, letus, wortel, daun bawang dan bawang Bombay. Aduk rata
  • Masukkan telur, kecap asin, garam, merica bubuk dan crabstick, aduk rata.
  • Panaskan gridle yang dioles tipis minyak atau margarin.
  • Tuang 3 sendok makan adonan okonomiyaki, bentuk bulat pipih dengan diameter 8 cm. Biarkan berkulit, balik dan biarkan sampai matang lalu angkat.
  • Oleskan saus tomat dan hiasi dengan coretan mayones tipis-tipis. Tarik bergantian dengan tusuk gigi.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE