Seberapa Pentingkah Gadget untuk Anak ?

February 27th, 2014

anak gadget, perkembangan anak, dampak negatif dan positif internet, perkembangan teknologi informasi, perkembangan teknologi, pengertian gadget, gadget adalah, mata lelah, game anak, game anak gratis, vitamin anak, cara mengatasi anak susah makan, game edukasi anak, edukasi anak, video cara buat anak, bikin anakPerkembangan teknologi yang tiada batas kini memungkinkan siapapun untuk cepat mengikutinya, termasuk pada anak-anak. Anda sebagai orang tua mungkin pernah berpikir, seberapa pentingkah gadget untuk anak Anda? Gadget dalam hal ini adalah perangkat smartphone atau tablet yang kini berkembang pesat. Para orang tua pasti sering mendapat anak Anda merengek, meminta Anda untuk membelikan gadget. Mungkin anak Anda ini iri melihat rekan bermainnya sudah memiliki gadget, atau bahkan anak Anda iri dan menginginkan punya gadget seperti yang Anda pakai. Ini wajar karena perkembangan jaman sudah sangat pesat sekali, Anda jangan sekali-kali membandingkan jaman anak Anda sekarang dengan jaman Anda saat anak-anak.

Lantas apa yang harus Anda lakukan?

Tak dipungkiri, ini bisa saja suatu saat terjadi pada Anda. Tak mungkin jika Anda terus menerus menolaknya, karena ada saat di mana Anda harus memenuhi permintaan anak Anda itu, Buahhatiku.com memberikan rambu-rambu alias tips bagi Anda yang hendak membelikan gadget untuk anak Anda. Sekali lagi ini bukan soal harga, namun lebih ke faktor keutamaan manfaat untuk Anda.

Pilih Gadget Khusus untuk Anak

Saat ini sudah banyak gadget yang memang diperuntukkan untuk anak Anda, ada banyak tablet dan smartphone yang sudah bundling dengan perusahaan tertentu yang mengemas suatu tablet/smartphone untuk anak. Aplikasi atau game yang tertanam di dalamnya pun cukup menarik dan bernilai edukatif untuk anak Anda.

Jadi anak-anak nantinya tidak melulu bermain Angry Birds, Plants Zombie atau Flappy Birds, namun bisa saja bermain game yang melatih kegesitan dan kekreativitas anak Anda, jenis aplikasi/game inilah yang lebih diperlukan untuk anak Anda.

Perhatikan Waktu

Anak Anda boleh saja memiliki Tablet/Smartphone, namun yang harus Anda perhatikan juga adalah masalah waktu dalam memainkan perangkat tersebut. Apapun game/aplikasi dalam gadget tersebut, tapi jika tidak memperhatikan waktu sama saja bohong. Terus-terusan memegang gadget tidaklah baik, karena anak Anda juga butuh bersosialisasi dengan lingkungan Anda.

Dampingi Saat Bermain Gadget

Sebagai orang tua, alangkah baiknya jika Anda menyediakan waktu khusus untuk anak Anda saat memainkan gadgetnya. Selain bisa mengontrol penggunaannya, Anda akan tahu ketertarikan, ketangkasan, kekreativitasan atau hal lain saat anak Anda bermain gadget.

Saat weekend mungkin adalah waktu yang tepat di mana Anda bermain gadget bersama dengan anak Anda. Tak ada salahnya pula jika Anda mengadu tingkat kebolehan dalam bermain game di Tablet/Smartphone, seru bukan?

Jangan Aktifkan WiFi atau Paket

Terintegrasi pada sebuah koneksi internet adalah salah satu kelebihan smartphone atau Tablet. Nah, untuk kasus yang satu ini, sebaiknya Anda tidak mengaktifkan internet pada tablet atau smartphone yang anak Anda pakai, kenapa? Tentu rasa ingin tahu anak itu besar sekali, hal-hal yang tidak Anda inginkan mungkin saja terjadi, misalnya pengaksesan situs dewasa, paket yang cepat habis, chat pada aplikasi chat yang di luar batas, atau penggunaan social media yang tidak terkontrol.

Anda jangan berpikiran hal itu mustahil terjadi, karena jika Anda tidak waspada, bisa saja Anda kecolongan lho!

Tidak Membelinya!

Ini mungkin pilihan lain jika Anda benar-benar belum mempercayai anak Anda memegang gadget sendiri. Bukan berarti lantas anak Anda tidak mengenal teknologi mobile, namun alternatifnya Anda bisa meminjamkan gadget yang Anda miliki untuk anak Anda. Resikonya mungkin saja anak Anda nanti sedikit mengacaukan aplikasi-aplikasi yang ada dalam gadget Anda, namun di luar itu, anak Anda lebih terjaga dalam penggunaan gadget.

Kuncinya adalah membiarkan anak Anda tumbuh dan berkembang secara alami, Anda pun harus dengan bijak tahu akan hal-hal apa saja yang anak Anda butuhkan. Anda yang 24 jam bersama anak Anda tentu tahu mana kebutuhan-kebutuhan anak yang harus Anda penuhi. Gadget bukanlah hal yang penting dan wajib dipenuhi oleh Anda, gadget bukanlah kebutuhan anak Anda, yang anak Anda butuhkan adalah Anda sendiri selaku orang tua.

Sekian tips yang bisa buahhatiku.com bagi kepada Anda, jika Anda punya saran atau tips yang lain, bisa sharing pada kolom komentar di bawah ini.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler