Seberapa Pentingkah Membeli Baju Lebaran untuk Anak Anda?

baju-muslim-keluarga-azka-terbaruLebaran identik dengan baju baru. Ini berlaku kepada siapapun, tak peduli berapa umur Anda. Entah darimana asal muasal hal seperti ini, namun yang jelas, sedari Anda kecil, tentu Anda pernah merengek-rengek kepada orang tua Anda untuk meminta baju baru saat lebaran.

Selain anak-anak, baik remaja maupun Anda yang sudah dewasa tentu juga mempunyai keinginan untuk membeli baju baru. Ini lebih dikarenakan keinginan Anda untuk tampil lebih fresh dan lain dari biasanya.

Untuk anak-anak sendiri biasanya keinginan memiliki baju baru saat lebaran dikarenakan kebiasaan Anda yang sejak usia dini mereka dibiasakan untuk memakai baju baru, kebiasaan inilah yang kemudian mereka bawa hingga usia mereka sekarang. Ditambah lagi dengan kondisi lingkungan yang memang tidak beda, masing-masing anak tentu ada rasa gengsi atau minder jika tidak ada baju baru.

Pertanyaannya sekarang, perlukan baju baru untuk anak? Jawabannya memang perlu. Pertanyaan selanjutnya, berapa jumlah baju baru yang ideal? Nah, pada artikel ini, Buahatiku akan memberikan tips yang mungkin bisa Anda persiapkan dan manfaatkan ketika membelikan baju untuk anak.

Beli Jauh-Jauh Hari Sebelum Lebaran
Membeli baju jauh-jauh hari sebelum lebaran adalah salah satu cara untuk menghindari diri dari hiruk-pikuk keramaian dan harga yang melambung tinggi. Idealnya Anda membeli baju setidaknya pada awal puasa hingga H-2 minggu sebelum lebaran.

Di toko-toko pakaian yang menjual baju baru, biasanya ramai saat H-7 hingga H-1 Lebaran, Tentu Anda tidak ingin berada di tengah keramaian bukan? Ini bisa memancing emosi Anda lho.

Beli Sebagai Hadiah Ibadah Puasa
Belikan anak Anda baju baru karena dirinya telah berpuasa sesuai dengan target yang Anda tetapkan. Strategi seperti ini bisa memotivasi anak untuk berpuasa dengan semangat.

Namun hal ini bukan berarti jika anak Anda tidak berpuasa, lantas Anda kemudian tidak membelikan baju baru. Buatlah kesepakatan lebaran tahun depan misalnya, jika berpuasa lebih baik dari tahun ini, maka akan dibelikan baju baru yang lebih bagus atau lebih banyak.

Idealkan Jumlah Baju Lebaran
Berapa jumlah ideal baju baru untuk anak? Rata-rata orang tua membelikan baju baru untuk anak sebanyak 3 buah. Jumlah ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi ekonomi dan berapa jumlah anak Anda.

Jangan berbuat tidak adil kepada anak-anak Anda, jadi sama ratakan jumlah baju ke semua anak Anda, kecuali bagi anak Anda yang sudah berusia remaja atau dewasa.

Seragamkan Baju Satu Keluarga
Satu keluarga kompak memakai baju lebaran dengan tema yang sama pasti seru. Nah, ini bisa Anda jadikan strategi agar anak tidak rewel dalam memilih baju lebaran yang sangat variatif.

Baju seragam semacam ini bisa Anda pesan jauh-jauh sebelum lebaran. Abadikan moment ini dengan berfoto bersama dengan keluarga Anda.

Jaga Kerapihan dan Penggunaan
yang namanya anak-anak tentu agak cuek dengan masalah kerapihan dan kebersihan dalam penggunaan baju baru mereka. Hal ini berlaku juga saat mereka memakai baju baru lebaran. Saat bertamu tentu mereka akan tergiur dengan hidangan yang disajikan. Nah, sebelum ini terjadi, Anda harus mewanti-wanti kepada anak Anda untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan saat memakai baju baru.

Menjaga kerapihan dan kebersihan bisa membuat baju baru lebih awet dan anak menjadi lebih pede memakainya walaupun sudah dipakai selama beberapa kali.

Demikian tips dan trik dari kami, Semoga bermanfaat. Yang perlu Anda ingat adalah kontrol keuangan Anda sebijak mungkin saat membelanjakan baju baru dan jangan kalap!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE