Sejuta Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

 

kurmaKurma identik dengan buah Ramadhan. Kurma biasanya disajikan dan disantap ketika sahur atau berbuka puasa. Namun, jangan salah, kurma tak hanya bisa didapatkan saat musim Ramadhan, kini saat kapanpun, kita bisa mendapatkan kurma dengan mudah.

Selain saat disajikan saat Ramadhan, kurma juga biasa dijadikan sebagai bahan oleh-oleh dari Makkah saat Umrah atau beribadah Haji. Kurma memang identik dengan umat Islam, kehadirannya sangat istimewa.

Bentuk buah kurma memang kecil, namun rasa manisnya dan daging buahnya bisa bikin kita untuk mencobanya lagi dan lagi. Kurma tak seperti buah lain seperti jeruk, mangga, pepaya, nanas dengan warna menggoda. Kurma berbentuk seperti biji, warnanya cenderung hitam, namun meskipun demikian, kurma menyimpan sejuta manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita.

Buah yang mempunyai nama ilmiah dactylifera phoenix ini sebenarnya adalah sejenis pohon palem dari keluarga Arecaceae Genus Phoenix. Kurma disebut-sebut berasal dari tepi sungai Nil dan Efrat, namun dalam kehidupan selanjutnya, Kurma tersebar di Arab Saudi, Afrika, Australia dan Amerika.

Daging kurma sangat lembut, ditambah rasa manis yang seperti madu, membuat kurma disukai masyarakat. Ketika puasa sehari penuh, kemudian berbuka dengan kurma, maka kurma akan mengisi energi yang hilang. Hal ini karena kandungan gula fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna oleh tubuh.

Nah berikut ini adalah manfaat dan kandungan yang ada di dalam buah kurma:

  1. Memakan kurma secara teratur, akan mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.
  2. Kandungan serat dalam kurma yang tiggi, bisa mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat ini pula lah yang melindungi selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  3. Kandungan serat kurma juga bisa melancarkan buang air besar.
  4. Antioksidan kurma yang dikenal dengan ama tanin bersifat anti-infeksi, anti inflamasi dan anti hemoragik.
  5. Kurma mengandung vutamin A untuk kesehatan mata. Vitamin A juga berfungsi menjaga kulit agar tetap sehat.
  6. Vitamin A juga diperlukan untuk mencegah kanker paru-paru dan rongga mulut.
  7. Kurma mengandung zat besi yang baik, zat besi ini merupakan komponen hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
  8. Kurma mengandung kalium yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga bisa menurunkan resiko penyakit stroke.
  9. Kalsium dalam tulang membantu dalam pembentukan tulang dan gigi.
  10. Selain manfaat di atas, Kurma juga mengandung zat dan gizi yang diperlukan oleh tubuh, misalkan Mangan, Magnesium, Vitamin K, vitamin B-Kompleks, Niacin, Asam Pantotenat dan riboflavin

Banyak juga yang mencari kata-kata berikut di pencarian; khasiat kurma, khasiat buah kurma, kurma muda, manfaat kurma muda, manfaat kurma untuk ibu hamil, manfaat buah kurma, manfaat sari kurma, kurma ajwa, khasiat sari kurma, pohon kurma, kurma, sari kurma, sari kurma sahara, buah kurma, manfaat kurma.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE