Sekolah Alam Bintaro – Hadirkan Sekolah Alam Berbasis Al-Quran & Sunnah di Tangerang Selatan

sabinMencari sekolah yang berkualitas memang susah-susah gampang, namun saat ini jenis sekolah alam maupun sekolah berlandaskan agama Islam sedang marak dipilih oleh para orangtua. Sekolah Alam merupakan konsep pendidikan dengan pendekatan yang dominan pada serangkaian kegiatan berdasarkan pengalaman, baru setelah itu distrukturkan. Berbeda dengan sekolah umum biasanya di mana siswa lebih dulu mempelajari buku baru kemudian diamalkan.

Kemunculan sekolah alam berdasarkan atas keprihatinan akan biaya pendidikan yang semakin tidak terjangkau oleh masyarakat, di mana yang menjadikan sekolah mahal terletak pada infrastruktur seperti bangunan, lapangan olahraga dan lain sebagainya. Sedangkan yang membuat sekolah berkualitas bukan dari infrastruktur saja melainkan dari kualitas guru, metode belajar yang tepat, dan buku sebagai gerbang ilmu pendidikan. Pada faktanya, infrastruktur hanya menyumbang kontribusi sebesar 10% terhadap kualitas pendidikan. Dan salah satu Sekolah Alam yang menjadi favorit khususnya di daerah Bintaro adalah Sekolah Alam Bintaro (SABIN) yang terletak di Jl. Pd. Pucung Raya No.88, Pd. Aren, Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15229.

sabin 1

Konsep pendidikan Sekolah Alam Bintaro berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist di mana tujuan manusia diciptakan salah satunya adalah untuk menjadi khalifah di muka bumi. Oleh karena itu Sekolah Alam Bintaro memprioritaskan 4 pokok materi dalam konsep pendidikannya, yakni :

Alhlaqul Karimah : menjadikan anak memiliki akhlaq yang baik dengan metode utamanya pembiasaan dan keteladanan yang bedasrkan Al-Qur’an dan Hadist.

Falsafah Ilmu Pengetahuan : menjadikan anak memiliki logika berfikir yang baik, mencermati alam lingkungannya menjadi media belajarnya dengan metode action learning dan diskusi.

Kepemimpinan/Leadership : menjadikan anak memiliki sifat kepemimpinan yang kuat.

Enterpreneurship : menjadikan anak memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dan terbiasa untuk mendapatkan sesuatu dengan kerja keras dan halal.

Visi Sekolah Alam Bintaro adalah “Menjadi sekolah pencetak pemimpin yang berkarakter Rabbani dengan mengembangkan metode pendidikan terbaik yang bersandarkan pada alam dan potensi lokal”. Dan Misinya adalah :

1. Membangun generasi yang berkarakter sholeh, cerdas dan mandiri
2. Menumbuh kembangkan jiwa pembelajar dan jiwa kepemimpinan yang berwawasan global
3. Mengembangkan komunitas yang cinta dan peduli akan konservasi alam dan lingkungan hidup.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi-nya tersebut, metode pembelajaran di Sekolah Alam Bintaro menggunakan metode tematik dan Project Based Learning (PBL) sehingga tidak diajarkan per bab mata pelajaran. Dengan model ini siswa mampu hubungkan antar pelajaran yang mereka terima.

sabin 2

Untuk masalah Kurikulum, Sekolah Alam Bintaro mengacu pada standar kompetensi yang ditetapkan Depdikbud dan menjadikan alam sebagai media belajar dalam rangka pembentukan logika berfikir dan karakter anak. Kurikulum ini diintegrasikan dengan pengalaman dan distrukturkan dengan yang didapat oleh siswa di alam melalui metode tematik dan Project Based Learning (PBL), dengan kurikulum utama meliputi :

Akhlak Islamika, melalui metode pembiasaan dan keteladanan dalam pengembangan EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) dengan tujuan anak menjadi bisa karena biasa tanpa membebani dan terpaksa. Kegiatan utama berupa ibadah dan keimanan, Al-Qur’an dan Hadist, sikap hidup dan integrasi dengan alam semesta.

Logika, disusun secara holistik melalui pembelajaran tematik dan Project Based Learning (PBL) sehingga logika ilmiah siswa berkembang secara integral. Anak mampu atau terbiasa mengamati fenomena alam, mencatat data, melakukan eksperimen, dan membentuk sebuah teori. Juga mengembangkan kemampuan anak dalam hal bahasa dan daya tutur, daya pikir dan logika, daya seni dan kreatifitas.

Leadership, kegiatan utama berupa Outbond Mental Education untuk membentuk karakter kemandirian dan kepemimpinan anak didik dengan mengembangkan nilai-nilai adil, amanah, musyawarah, kerjasama, melindungi, mengayomi, membela kaum tertindas dan menjaga keseimbangan alam semesta.

Bisnis, kegiatan utama berupa aktivitas bisnis yang diperoleh dari proses belajar siswa di sekolah sehingga mampu menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini.

Nilai-nilai yang harus dicapai oleh setiap siswa di Sekolah Alam Bintaro meliputi:

  1. Ikhlas : Berjuang dan berkarya dengan niat yang lurus untuk mencari keridhoan Allah SWT.
  2. Learning : Berpikiran terbuka serta bersemangat untuk terus belajar dan memperbaiki diri.
  3. Leading : Proaktif ,Inovatif dan berani melangkah di depan untuk kemanfaatan dan kemaslahatan.
  4. Akhlak : Jujur dan santun terhadap sesama, menjaga hak-hak ukhuwah terhadap saudara.
  5. Persistent : Istiqomah , Konsisten, Teguh dan sabar dalam menjalani proses menuju puncak tujuan.

Nilai-nilai tersebut diringkas dalam sebuah slogan yakni “I LEAP!” yang menggambarkan semangat setiap SDM untuk melompat lebih tinggi.

sabin 3

Sekolah Alam Bintaro menekankan proses pembelajaran bersama alam yang ada pada lingkungan sekitar, dan alam semesta yang dimanfaatkan antara lain sebagai :

Media Pendidikan, Observasi dan Riset : Dengan cara mengamati dan memahami langsung gejala alam yang terjadi, sehingga kita bisa mendapatkan media belajar yang mutu dan murah.

Modal Produksi (Dagang dan Magang) : Dengan mengolah hasil dari praktik di alam, diharapkan mampu membiaya diri sehingga secara langsung belajar hidup mandiri.

Sarana Pengembangan Manusia : Manusia yang tumbuh dan berkembang berdasarkan interaksinya dengan alam akan menghasilkan manusia yang berakhlak mulia terhadap sang Khaliq (Ibadah), sesama manusia dan makhluk lainnya (Mua’malah) serta adil dan cinta damai (Khalifah).

Sekolah Alam Bintaro merupakan salah satu sekolah inklusi, dimana anak spesial dengan gangguan perkembangan atau gangguan emosi ditempatkan bersama anak normal lainnya, tentunya dengan pendampingan guru yang berkompeten disertai program individu masing-masing anak.

Aneka kegiatan yang diadakan oleh Sekolah Alam Bintaro di antaranya:

  • Pembelajaran Al-Qur’an (Qiroati) – Outbond (tiap pekan)
  • Renang – Kebun dan ternak – Pembelajaran Bisnis (market day, magang, aktivitas dagang) – Komputer
  • Outing – Games – Role Play – Project – Fun Cooking
  • Pekan Seni Budaya – Performance
  • Berkemah – Ekpedisi

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor kontak di bawah ini:

Sekolah Alam Bintaro
Jl. Pondok Pucung Raya No.88 Rt.01/01
Bintaro Sektor IX, Pondok Aren,
Tangerang Selatan 15229
Telp. : (021) 745 2888 , 0817 640 2888
Fax. : (021) 745 3135

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE